Video Pemotor Keringetan Gara-gara Motor Matik

Pengguna motor matik dibuat keringetan
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Sepeda motor matik saat ini paling laris di Indonesia, pangsa pasarnya pada tahun ini sepanjang Januari hingga Desember mencapai 88 persen. Sementara, model lainnya kurang dari 10 persen.

Pesanan Honda Stylo 160 Membeludak

Selain mudah dikendarai, jenis motor ini juga memiliki tampilan yang modern, sehingga sang pemilik merasa bangga saat melintas di jalan raya.

Saking gampangnya dioperasikan, bahkan skuter matik jadi idola kaum wanita. Apalagi, posisi duduk mereka bisa tetap nyaman berkat desain bodi yang menutupi bagian depan.

Ganti Oli Sepeda Motor Matik Bisa Dapat Kejutan

Spesifikasi skuter matik dalam hal mesin tidak berbeda dengan motor jenis lainnya, yakni umumnya menggunakan satu silinder dan sistem pengabutan injeksi untuk model terbaru. Perbedaan hanya ada di desain serta sistem transmisi.

Cukup putar tuas gas, maka roda belakang akan langsung berputar. Tidak perlu memasukkan gigi atau menarik tuas kopling, karena tenaga disalurkan secara otomatis ke roda belakang.

Muncul Sinyal Kehadiran Honda Stylo 125

Namun, kemudahan itu ibarat pisau bermata dua, ada sisi buruk yang bisa terjadi jika tidak ada langkah antisipasi. Yakni, motor bisa melaju tanpa kendali ketika sedang diparkir menggunakan standar samping.

Untuk mencegah itu terjadi, para pabrikan memasang pengaman berupa saklar pada besi standar samping. Ketika standar aktif, maka arus listrik yang mengalir ke pengapian akan diputus.

Ternyata, fitur ini masih belum diketahui oleh semua para pengguna motor matik. Dilansir VIVA Otomotif dari laman Instagram @ngakak_99, Kamis 24 Desember 2020, seorang pria dibuat pusing karena mesin motornya tidak mau hidup.

Dalam video rekaman, tampak pria tersebut berusaha menghidupkan mesin dengan starter engkol, namun gagal. Ia tidak sadar, standar samping masih terpasang.

Setelah diberi tahu oleh perekam video, baru mesin motor tersebut bisa hidup.

“Gw asli pernah ngalamin..waktu pertama kali matic klwr menggunakan fitur itu..mklm motor minjem,” kata warganet.

“Yaampun pernah begini jaman SMA :') biasa bawa gigi, disuruh bawa matic, nyalainnya gak mampu,” tulis warganet lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya