Kencan Singkat dengan Skuter Matik Suzuki Nex Crossover

Skuter matik Suzuki NEX Crossover
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Skuter matik alias skutik, terus mendominasi penjualan kendaraan bermotor roda dua di Indonesia. Sepanjang Januari hingga November tahun ini, mencapai 88 persen atau 2,56 juta unit dari total penjualan sepeda motor.

Bule Ini Suka Bagi-bagi NMAX dan PCX Gratis, Cuma Ada Syaratnya

Kondisi ini tentu menjadi peluang bagai produsen, untuk melengkapi jajaran sepeda motor yang dijajakan di pasar otomotif nasional. Cara ini seperti dilakukan oleh Suzuki, yang kini memiliki skuter matik bergaya motor offroad, dengan nama Nex Crossover.

Dibangun dari platform yang sama dengan Nex II, membuat skutik Suzuki terbaru ini berperawakan mungil. Panjangnya diketahui 1.890 milimeter, lalu lebarnya 765 mm dan tingginya 1.055 mm. Bobotnya diinformasikan hanya mencapai 94 kilogram.

Spesifikasi Mobil Rp105 Jutaan yang Bensinnya 25 Km per Liter dan Sudah Bisa Dipesan

Jantung penggerak skutik Suzuki Nex Crossover berasal dari mesin 1 silinder berkapasitas 113 cc, yang punya tenaga 8,9 hp dengan torsi 8,5 Nm. Motor ramping ini juga dilengkapi kipas, sebagai pendinginan mesin saat berkendara di jalan aspal, maupun semi offroad.

Photo :
  • Viva.co.id/ Pius Mali
Mobil Baru Rp105 Jutaan Ini Sudah Bisa Dipesan, Bensinnya 25 Km per Liter

Pembeda Nex Crossover dengan Suzuki Nex II, ada di bagian penggunaan naked handle bar. Selain itu, desain panel instumennya juga mengikuti gaya yang dianutnya. Di dalam layar digital terdapat penunjuk kecepatan, jam, jarak tempuh, serta volume bensin di dalam tangkinya.

Selain itu, di bagian suspensi belakang dan komponen rem diberi warna merah yang menjadikannya berbeda dari Nex II. Rodanya memakai ban dual purpose yang bisa diandalkan untuk berkendara di jalan aspal maupun trek tanah, ukurannya 80/90-14 di depan dan 90/90-14 di belakang.

Beberapa waktu lalu, tim VIVA Otomotif sempat menjajal skutik terbaru Suzuki itu di jalanan aspal, serta semi offroad (trek tanah). Ketika memuntir gas, tarikan di putaran bawahnya terasa cukup responsif. Saat diajak melibas trek non-aspal, suspensinya pun terasa empuk untuk menahan bobot badan pengendara.

Dimensi mungil dan bobot ringan, juga membuat motor terasa menyenangkan ketika melaju di jalan sempit. Ban dual purpose yang dipakai, cukup mumpuni saat mengajak Kuda Besi berpindah dari jalanan aspal ke tanah kering dengan sedikit bebatuan.

Photo :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

Sayangnya, kapasitas bagasi di bawah jok cukup kecil dan tak mampu menampung banyak bawaan. Lalu, skutik ini juga belum dilengkapi dengan sensor di bagian standar. Sehingga mesin tetap menyala, meski standar samping diturunkan.

Secara keseluruhan, Suzuki Nex Crossover bisa menjadi pilihan untuk teman aktivitas harian, maupun berpetualang singkat di akhir pekan. Apalagi, banderol yang ditawarkan masih sesuai dengan segmen entry level, yakni  Rp17,99 juta on the road Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya