5 Motor yang Bikin Geger Warganet di 2020

Yamaha NMax
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dian Tami Kosasih

VIVA – Berita mengenai sepeda motor selalu menarik perhatian masyarakat Indonesia. Hal ini tak lain karena kendaraan tersebut jadi andalan sehari-hari untuk beraktivitas, mulai dari bekerja hingga mencari nafkah.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Setiap tahun tidak kurang dari enam juta unit motor didistribusikan ke diler, sebagian ada juga yang dikapalkan ke luar negeri. Namun, pada tahun ini jumlahnya menurun hingga nyaris 50 persen akibat pandemi.

Meski demikian, banyak kabar seputar motor yang jadi sorotan warganet sepanjang tahun ini. Berikut daftar lima berita kuda besi yang paling banyak dibaca, dirangkum VIVA Otomotif pada Rabu 30 Desember 2020.

Pak Prabowo, Jangan Lupa Janjinya Bikin Indonesia Produksi Mobil dan Motor Sendiri

1. Kawasaki Ninja ZX-25R
Motor baru Kawasaki yang peluncurannya sempat tertunda ini, paling banyak jadi perhatian selama 2020. Dibekali dengan mesin baru dengan konfigurasi empat silinder, ZX-25R memiliki performa tertinggi di kelas motor sport 250cc.

Saat peluncuran, tiap unitnya dibanderol dengan harga mendekati Rp100 juta. Ada juga varian khusus, yang harganya Rp112,9 juta dengan status on the road Jakarta.

Catat, Ini Daftar Bengkel yang Terima Konversi Motor Listrik Gratis

Setelah beredar di pasaran, motor ini juga terus menjadi topik bahasan karena ada beberapa penggunanya yang terlibat dalam kecelakaan, dikarenakan belum terbiasa menangani besarnya performa yang ditawarkan.

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube

2. Motor bekas Honda BeAT dan Yamaha NMax
Sebelum adanya pandemi, dua motor jenis skuter matik ini menjadi yang paling banyak diburu konsumen, baik dalam kondisi baru maupun bekas.

Namun, saat wabah melanda jumlah peminatnya langsung anjlok hingga pedagang motor bekas tidak berani menerima unit karena khawatir tidak bisa laku cepat.

“Kalau ada yang mau jual, saya tolak. Meskipun itu motor yang gampang dijual lagi ke pembeli, kayak BeAT, Vario, atau NMax,” ujar pemilik Tirta Motor, Dul Ahmadi.

Photo :
  • VIVA/Pius Mali

3. Honda PCX 160
Honda PCX 160 resmi diperkenalkan belum lama ini di Jepang. Penjualannya akan dimulai awal tahun depan, dengan harga sedikit lebih mahal.

Kabar tersebut langsung mendapat perhatian dari masyarakat di Tanah Air, sebab PCX menjadi salah satu motor yang populer di Indonesia.

Dengan spesifikasi mesin baru, tenaga yang dihasilkan sedikit lebih besar dari pesaingnya, Yamaha NMax. Selain itu, ada beberapa fitur baru yang ditambahkan, seperti kontrol traksi.

Photo :
  • Honda Jepang

4. Triumph Rocket 3
Motor asal Inggris yang resmi dijual di Indonesia pada pertengahan 2020 ini membuat geger para pencinta kuda besi. Sebab, mesin yang dipasang kapasitasnya tidak kira-kira.

Triumph menyematkan jantung pacu tiga silinder berkapasitas 2.500cc, lebih besar dari mobil jenis MPV atau SUV yang dijual di sini.

Dengan beragam fitur canggih, motor yang mampu menghasilkan tenaga 165 daya kuda ini ditawarkan dengan harga Rp750 jutaan.

Photo :
  • dok. Triumph

5. Motor yang bikin warganet takjub
Seorang pengendara yang melintas di Jakarta, jadi sorotan warganet karena motor yang ia gunakan. Sebab, ada yang aneh dari komponen kuda besi tersebut.

Wujudnya dipastikan adalah motor trail, karena jarak ke tanah cukup tinggi. Namun, tidak ada rantai untuk memutar roda. Hanya ada sabuk karet layaknya motor listrik atau moge Harley-Davidson.

Saat diperiksa, ternyata itu adalah Yamaha MX-King dengan kapasitas mesin 150cc. Sontak hal itu membuat warganet kebingungan.

Photo :
  • Facebook Bekakas
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya