Plat Nomor di Sepeda Motor Ini Bikin Warganet Baper

Plat nomor Males Keridit di sepeda motor bebek.
Sumber :
  • Screenshot Instagram

VIVA – Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), atau masyarakat biasa menyebutnya sebagai plat nomor, menjadi piranti yang wajib dipasang di depan dan belakang bodi sepeda motor. Ini menjadi identitas 'Kuda Besi' tersebut, saat dikendarai di jalan raya.

Pengemudi Sedan Tabrak 5 Orang di BSD, 1 Diantaranya Tewas di Tempat

Lempengan logam tersebut, biasanya bertuliskan kombinasi huruf dan angka. Huruf awal merupakan kode wilayah, sepeda motor itu didaftarkan. Sementara untuk angkanya merupakan nomor registrasi kendaraan, dan huruf di belakang biasanya mewakili domisili pemilik motor tersebut.

Meski berfungsi sebagai identitas kendaraan, ada saja pengguna sepeda motor yang nekat mengubahnya. Tak jarang pemilik memodifikasi plat nomor ala kendaraan bermotor roda dua di Thailand, serta ada juga yang membuat tulisan unik di logam itu.

Pesanan Honda Stylo 160 Membeludak

Salah satu contohnya, seperti gambar yang dikutip VIVA Otomotif dari akun Instagram @wargabanua, Rabu 7 Januari 2020. Foto memperlihatkan, sepeda motor yang memakai plat nomor tak biasa di bagian belakangnya.

Gambar yang diambil di jalan raya memperlihatkan, sepeda motor bebek berkelir biru memakai plat nomor 'Males Keridit' di belakangnya. Kendaraan tersebut juga terlihat memakai aksesori tas tambahan, untuk membawa banyak barang di sisi kiri dan kanannya.

2 Sepeda Motor Baru Honda Resmi Terdaftar di Indonesia

Tak diketahui secara jelas maksud dari pemasangan plat nomor unik di sepeda motor tersebut. Meski demikian, cara ini memang bisa masuk dalam kategori pelanggaran jika pengendaranya terjaring razia lalu lintas.

Foto itu jelas menuai beragam komentar dari warganet. Mereka ada yang memuji keberanian pengendara sepeda motor bebek itu. Namun, tak sedikit pula yang merasa tersindir dengan tulisan 'Males Keridit' yang ada di belakang sepeda motor.

"Kreatif tetapi tidak untuk dicontoh," komentar salah satu Netizen. "Kalau di razia, jawabannya kira-kira apa ayo? Salah juga plat begitu," salah satu komentar yang meramaikan unggahan tersebut. "Sok-sokan malas kredit, tapi ternyata itu motornya enggak ada plat asli alias enggak taat pajak," tulis seorang warganet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya