Ratusan Motor Berisik Diamankan di Monas

Razia knalpot bising di Jakarta
Sumber :
  • TMC Polda Metro Jaya

VIVA – Ratusan sepeda motor yang suara knalpotnya berisik, diamankan petugas di kawasan Monumen Nasional atau Monas, Jakarta Pusat.

Alamak! 3 Pasangan Mesum Dirazia Satpol PP di Kamar Kos Siang Hari Ramadhan

Kuda besi berbagai merek itu terkena razia yang digelar oleh Satlantas Polres Metro Jakarta Pusat, di lingkar luar Monas pada akhir pekan kemarin.

Selain pipa pembuangan hasil gas buang diganti dengan produk aftermarket yang suaranya sangat bising, banyak juga motor yang memakai ban berukuran lebih kecil dari standarnya.

Marak Tawuran, Polisi: Anak Kedapatan Bawa Sajam Ada Sanksi Pidana

Ubahan pada ban ini biasa disebut dengan istilah ban cacing, karena ukurannya yang panjang dan tipis. Umumnya, modifikasi dilakukan pada motor matik dengan cara mengganti pelek yang ukurannya lebih besar.

Agar tidak terjadi aksi kejar-kejaran yang bisa membahayakan pengguna jalan lain, petugas menerapkan sistem razia dadakan dengan mengawasi kendaraan roda dua yang melintas di sekitaran Monas dan Istana.

Polantas Bentak Anggota TNI saat Razia di NTT Berakhir Minta Maaf

Hasilnya, 278 sepeda motor yang memakai knalpot berisik serta tidak dilengkapi surat kendaraan berhasil diamankan petugas.

“Selain demi menjaga kepatuhan berlalu lintas, razia juga sengaja digelar demi mencegah aksi balap liar yang biasa dilakukan komunitas motor di sekitaran Istana dan Monas,” ujar KBO Satlantas Polres Metro Jakarta Pusat, Iptu Sri Ngamini, dikutip VIVA Otomotif dari laman Korlantas Polri, Senin 8 Maret 2021.

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo sudah meminta para pengguna motor untuk mematuhi aturan di dalam berkendara, salah satunya yakni tidak memasang knalpot bising.

“Gunakan knalpot standar, serta patuhi batas kecepatan dan tidak berbalapan, karena sangat berisiko terjadinya kecelakaan lalu lintas,” tuturnya.

Dirlantas juga mengatakan, 50 personel dikerahkan dalam rekayasa lalu lintas atau filterisasi kendaraan di lingkungan Istana Kepresidenan, demi mengantisipasi sepeda motor dengan knalpot bising melintas di wilayah tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya