Pernah Diuji di Sentul, Motor Ini Hadir di IIMS 2021

Motor listrik buatan Universitas Budi Luhur
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Hajatan otomotif tahunan, Indonesia International Motor Show atau IIMS 2021 masih berlangsung hingga saat ini. Bertempat di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, gelaran itu memamerkan mobil dan sepeda motor baru dari berbagai merek kendaraan. 

Vespa World Days 2024 Siap Menyapa Penggemar dari Seluruh Dunia

Tak mau kalah, sejumlah kendaraan kreasi anak bangsa juga turut memeriahkan pameran itu seperti tahun-tahun sebelumnya. Sebut saja seperti yang dilakukan oleh mahasiswa dari Universitas Budi Luhur. 

Kampus tersebut membawa beberapa motor listrik hasil kolaborasi antara mahasiswa dengan dosen, yakni Budi Luhur 40 (BL-40), Budi Luhur Charge Electric Vehicle 01 (BL-CEV01) dan Budi Luhur Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01). Untuk motor listrik BL-SEV01 merupakan penampilan perdana dalam ajang ini. 

2 Motor Adu Banteng di Kembangan Jakbar, 1 Orang Tewas

"Setelah melakukan riset di Universitas, karya ini harus diperkenalkan masyarakat. Ini kedua kalinya kami ikut IIMS, sebelumnya kami pamerkan motor listrik Neo Blitz," kata Ketua Badan Pengurus Harian Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro dalam keterangannya di Jakarta, dikutip VIVA Otomotif Selasa 20 April 2021. 

Photo :
  • Ist
Warganet Syok Lihat Cara Pengendara Motor Ini Bonceng Anak

Motor listrik lokal itu sudah melalui dua tahap pengujian jalan di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat. Hal itu dilakukan untuk menguji performa kendaraan hingga kemampuan baterai yang diharapkan mampu bertahan di lintasan balap dengan kecepatan maksimal sampai 135 kilometer per jam.

"Walaupun sedang dilanda pandemi COVID-19 tetapi kami dosen dan mahasiswa tetap menghasilkan karya, salah satunya motor listrik BL-SEV01 ini," tuturnya. 

BL-SEV01 menggunakan motor listrik 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 Kilo Watt, serta didukung baterai 48 Ampere hours dan controller 96 Volt 200 Ampere. Alhasil, sepeda motor ini bisa melaju sejauh 135 kilometer untuk sekali pengisian baterai, dengan waktu pengisian baterai 4 jam hingga 100 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya