Mengenang 75 Tahun Perjalanan Vespa di Dunia

Ilustrasi pabrik Vespa
Sumber :
  • Vespa

VIVA – Vespa pada bulan ini merayakan hari jadi mereka yang ke-75 tahun. Produsen sepeda motor ikonik itu memulai debut mereka di negara asalnya, Italia pada 1946.

Daftar Skuter Matik 125cc Terbaru, Mulai Rp17 Jutaan

Saat ini motor buatan Vespa dijual di 83 negara di seluruh dunia, dan hadir dalam beragam model serta tipe. Salah satu ciri khas dari perusahaan yang bernaung di bawah Piaggio Group ini adalah desainnya yang tetap berciri klasik.

Bentuk bulat di berbagai sudut sudah melekat pada produk mereka sejak zaman dahulu. Kendaraan bermotor roda dua ini awalnya dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan akan kuda besi yang murah dan bisa diandalkan, pasca Perang Dunia Kedua.

Brutal! 2 Anak Punk Bunuh Anggota Komunitas Vespa di Tangerang

Dilansir VIVA Otomotif dari keterangan resmi PT Piaggio Indonesia, Selasa 27 April 2021, kiprah Vespa dimulai di Kota Pontedera, yang berada di Provinsi Pisa, Italia.

Sampai saat ini, lokasi tersebut masih menjadi kantor pusat mereka dan juga pabrik untuk memenuhi kebutuhan motor di wilayah Eropa serta Amerika Serikat.

Vespa Edisi Naga Mengaspal di Indonesia, Harganya Fantastis

Vespa juga memiliki pabrik di Vinh Phuc, Vietnam yang melayani pasar Asia Timur dan Tenggara termasuk Indonesia, serta di Baramati, India khusus untuk negara tersebut ditambah Nepal.

Photo :
  • Piaggio Indonesia

Pada 1972, mereka sempat menjalin kerja sama dengan Danmotor Vespa Indonesia hingga 2001. Pabrik yang berlokasi di Pulo Gadung, Jakarta Timur mampu memproduksi 40 ribu unit motor per tahun, terbesar ketiga secara global.

Dari awal sampai sekarang, total sudah lebih dari 19 juta unit motor berbagai model dan tipe yang diproduksi oleh Vespa dan dipasarkan di dunia.

Produk mereka yang dijual saat ini di Tanah Air mulai dari LX 215, S 125, GTS, hingga Primavera. Banderolnya mulai dari Rp38 jutaan hingga lebih dari Rp150 juta.

Sebagai informasi, dalam rangka merayakan ulang tahun yang ke-75 Vespa menghadirkan model GTS dan Primavera edisi spesial. Perbedaan terlihat dari penggunaan warna kuning serta angka 75 di bodinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya