Bisa Tebak Motor Ini Aslinya Apa?

Motor modifikasi
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Modifikasi adalah salah satu cara pemilik motor menuangkan imajinasi mereka. Kendaraan dimanfaatkan sebagai kanvas, diubah sesuai dengan kreativitas yang dimiliki.

Adik Via Vallen Dilaporkan ke Polisi terkait Dugaan Penggelapan Sepeda Motor

Ada yang memilih untuk melakukannya secara sederhana, cukup mengubah beberapa komponen supaya tampil berbeda saja.

Tapi, ada juga yang melakukannya dengan ekstrem, hingga wujud kuda besi tersebut berubah total dan tidak lagi dikenal aslinya.

Viral Motor Matik Diisi Minyak Kayu Putih Campur Bensin, Ini Kata Pakar

Salah satu contohnya, seperti motor yang satu ini. Dilansir VIVA Otomotif dari laman Cartoq, Selasa 11 Mei 2021, seorang warga India tampak menunggangi kendaraan beroda dua yang ukuran bannya sangat besar.

Rupanya karet bundar itu berasal dari traktor, yang sengaja dipasang di motor supaya tampil kekar dan gagah. Untuk melakukannya, sang pemilik mengganti peredam kejut depan sekaligus segitiga setang, supaya lebarnya sesuai dengan ban.

Moeldoko Ungkap Penyebab Subsidi Motor Listrik Kurang Laku, Anak Muda Tak Suka Motor Pelan

Lampu depan diganti dengan produk aftermarket, yang sudah berteknologi proyektor dengan bohlam jenis Light Emitting Diode atau LED. Setang bawaan dilepas, kemudian produk buatan sendiri yang bentuknya menyerupai huruf C dipasang.

Ada perubahan pada rangka bagian belakang, di mana suspensi diubah menjadi satu dan posisinya dipindah ke bawah jok. Tempat duduk masih memakai model bawaan, namun bagian depan dipangkas hingga tipis agar posisi berkendara jadi lebih rendah.

Ubahan terakhir ada di bagian tangki bahan bakar, yang dibuat sendiri dengan bentuk menyerupai motor Harley-Davidson.

Lantas, apa motor yang menjadi basis dari modifikasi ini? Ternyata sang pemilik menggunakan Royal Enfield yang tidak diketahui modelnya. Merek ini memang kerap jadi bahan rombakan, karena desainnya yang sederhana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya