Ini Spesifikasi Lengkap Motor Baru Pesaing NMax dan PCX

Sepeda motor SYM Jet X 150 pesaing Honda PCX dan Yamaha NMax.
Sumber :
  • Paultan

VIVA – Honda PCX dan Yamaha NMax yang saat ini menguasai pasar sepeda motor jenis skuter matik di Indonesia dan beberapa negara lain, kedatangan rival baru.

Pelaku Curanmor Babak Belur Dihajar Warga Usai Kedapatan Dorong Motor Curian

Produk anyar itu dihadirkan oleh Sanyang Motor asal Taiwan, atau lebih dikenal dengan nama SYM. Motor baru yang diperkenalkan di Malaysia itu diberi nama SYM Jet X 150.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman resmi SYM Malaysia, Kamis 20 Mei 2021, Jet X 150 memiliki desain yang mirip dengan PCX, terutama di bagian bodi dan jok. Namun, lampu depannya bersudut tajam ala Honda Vario.

Royal Enfield Sewakan Motor untuk Berpetualang di Indonesia

Kuda besi ini memiliki dimensi panjang 2.000 milimeter, lebar 760 mm, jarak terendah ke tanah 107 mm, dan tinggi jok 780 mm. Jika dibandingkan dengan PCX, maka Jet X 150 sedikit lebih besar dan tinggi.

Suspensi depan masih menganut model teleskopik, yang digunakan untuk memegang roda berukuran 14 inci dengan ban 100/90-14. Sementara itu, roda belakang yang diameternya sama dengan ukuran ban 110/80-14 ditopang oleh dua peredam kejut.

Suzuki Nex II Edisi 2024 Mengaspal, Ini Perubahannya

Sistem pengereman motor ini telah menggunakan teknologi cakram dan combi brake system, di mana saat tuas rem depan ditarik maka otomatis mengaktifkan rem belakang juga. Tujuannya supaya distribusi beban jadi lebih merata.

Sesuai dengan namanya, mesin yang disematkan berkapasitas 150cc satu silinder dengan kekuatan 12,3 daya kuda dan torsi 12 Newton meter. Jelas kalah dibandingkan PCX yang memakai mesin 160cc atau NMax 155cc.

Meski demikian, sistem pendinginan cair tetap dipasang. Kapasitas tangki bensinnya 7,5 liter, lebih sedikit ketimbang PCX yang dibekali tangki 8,1 liter.

Fitur canggih yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan lawan-lawannya, mulai dari panel instrumen digital hingga sistem keyless untuk menghidupkan mesin.

SYM Jet X 150 dipasarkan dengan harga mulai dari 8.888 Ringgit atau setara Rp30 jutaan. Motor ini baru ditawarkan di Negeri Jiran saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya