Kawasaki Siapkan Motor Kencang Baru

Ilustrasi motor Kawasaki.
Sumber :
  • Gaadiwaadi

VIVA – Kawasaki pada tahun lalu membuat heboh dunia, dengan produk terbaru mereka yang diberi nama Ninja ZX-25R. Sepeda motor ini mengawali debutnya di Jepang lalu kemudian dipasarkan di Indonesia, dan langsung jadi favorit para pencinta adrenalin.

Suzuki Nex II Edisi 2024 Mengaspal, Ini Perubahannya

Berbeda dengan Ninja 250 sebelumnya, model baru ini mengusung mesin empat silinder berkapasitas 250cc. Konsep ini bukan yang pertama, di mana beberapa pabrikan motor sudah melakukan beberapa puluh tahun lau.

Namun, ZX-25R menjadi kuda besi empat silinder pertama dengan kapasitas kecil yang hadir di zaman sekarang. Dengan spesifikasi tersebut, putaran mesin bisa mencapai 17 ribu rotasi per menit, yang berdampak pada performa.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Greatbiker, Senin 24 Mei 2021, produsen motor yang dikenal dengan sebutan Geng Hijau itu dikabarkan sedang menyiapkan motor baru yang lebih kencang dari ZX-25R.

Diberi kode ZX-4R, model ini mengusung mesin dengan kapasitas 400cc. Tidak disebutkan sehebat apa kemampuannya, namun sebagai informasi ZX-25R mampu menghasilkan tenaga 50 daya kuda dengan tambahan fitur Ram Air, serta torsi 22 Newton meter.

Video Anak Kecil Mengendarai Sepeda Motor, Ada Risiko Hukumnya

Photo :
  • Istimewa

Begitu besarnya tenaga yang dihasilkan, membuat beberapa pengendara mengalami kecelakaan dan sebagian cukup fatal.

Supaya dimensinya tetap ramping, Kawasaki menambahkan lubang hawa pada bodi ZX-4R yang mengarah langsung ke radiator. Dengan cara ini, maka mereka tidak perlu merancang ulang sistem pendingin mesin dengan ukuran yang lebih besar.

Tidak disebutkan kapan motor ini akan memulai debutnya, demikian pula soal harga. Sebagai perbandingan, ZX-25R dijual di Indonesia dengan banderol Rp98 jutaan on the road Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya