Patung Tranformers Ini Terbuat dari Knalpot Sitaan

Knalpot sitaan diubah jadi patung Transformers.
Sumber :
  • NTMC Polri

VIVA – Belakangan ini penggunaan knalpot bising di sepeda motor menjadi sorotan masyarakat maupun pihak kepolisian. Meski sudah sering digelar razia, namun hal itu tidak membuat para pelaku menjadi jera.

Ribut dengan Pemotor Lain, Pengendara Yamaha RX-King Ini Dipaksa Cium Asap Knalpotnya Sendiri

Puncaknya yakni saat beberapa motor nekat dengan suara knalpot yang berisik melintasi area Ring 1 atau di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

Sejak itu keberadaan motor dengan pipa pembuangan yang bukan standarnya langsung diperiksa oleh petugas kepolisian. Ini dilakukan tidak hanya di Ibu Kota, namun juga wilayah lain di Indonesia.

Sesuai Harapan Netizen, Motor Aerox Langsung Terbakar Usai Digeber-geber Knalpotnya saat Takbiran

Setiap pemilik motor diminta untuk mengganti knalpot dengan bawaan pabrik, lalu produk aftermarket yang sudah dicopot dihancurkan di tempat supaya tidak bisa digunakan kembali.

Namun, ada juga yang disita dan kemudian dijadikan sebagai  karya seni. Salah satu contohnya yakni di Kendari, Sulawesi Tenggara. Knalpot yang diamankan oleh petugas dikumpulkan, untuk dibentuk menjadi patung.

5 Negara dengan Populasi Buddha Terbesar di Asia, No 1 Bukan Thailand

Polres Kendari menyulap sejumlah knalpot bising menjadi sebuah robot. yang menyerupai karakter dalam film Transformers.

Dikutip VIVA Otomotif dari laman NTMC Polri, Kamis 17 Juni 2021, robot dari knalpot ini diberi nama Robot Antravi (Anti Traffic Violation) atau robot anti pelanggaran lalu lintas. Bahan bakunya merupakan hasil sitaan dari pelanggaran lalu lintas pengguna roda dua sejak bulan Ramadhan lalu.

Kaurbin Ops Satlantas Polres Kendari, Ipda Andi Muhammad Nurfadli menjelaskan, proses pembuatan robot tersebut memakan waktu delapan hari.

“Pemusnahan barang bukti knalpot disulap menjadi sebuah robot, menjadi tontonan bernilai edukasi serta menarik buat masyarakat yang melintasi pos lalu lintas di perempatan MTQ Kendari,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya