Motor Baru BMW Bikin Geger Dunia Otomotif

Motor listrik BMW CE04
Sumber :
  • Dok: BMW Motorrad

VIVA – Para produsen motor saat ini fokus mengembangkan produk yang lebih ramah lingkungan, salah satu caranya yakni mengganti mesin konvensional dengan yang memakai penggerak berbasis listrik.

Alasan Sedan Listrik BMW i5 Belum Memiliki Harga

Hal itu juga dilakukan oleh BMW Motorrad sejak beberapa tahun lalu. Perusahaan asal Jerman tersebut pada 2014 mengenalkan motor konsep C Evolution, dan kini versi produksinya hadir dengan nama CE04.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Paultan, Kamis 8 Juli 2021, kendaraan beroda dua itu menjadi pusat perhatian karena desainnya yang tidak biasa.

Bale Santai Honda untuk Pemudik Motor Tersedia di KM 35 Serang

Kendaraan yang mengusung konsep skuter tersebut pada bagian depan tampak seperti motor pada umumnya, dengan bodi agak lebar dan lampu utama berteknologi LED.

Namun, joknya dibuat tipis dan memanjang dan dibalut material dengan dua kombinasi warna. Setangnya mirip kendaraan air jetski, dan di bagian depan dipasangi mika kecil yang berfungsi melindungi panel instrumen.

BMW Indonesia Hadirkan Sedan Listrik untuk Para Pebisnis

BMW Motorrad menggunakan dinamo listrik yang dipasang di bodi, dan disambungkan ke roda belakang melalui sabuk. Tenaga yang dihasilkan setara dengan mesin konvensional berkapasitas 500cc, yakni 42 daya kuda.

Photo :
  • Dok: BMW Motorrad

Akselerasi BMW CE04 disebutkan dari nol hingga kecepatan 50 kilometer per jam mencapai 2,6 detik. Kuda besi canggih ini bisa dipacu hingga 120 km per jam.

Perusahaan tahu bahwa motor listrik kencang tidak akan laku, apabila tidak bisa dipakai untuk menempuh jarak jauh. Itu sebabnya, mereka membekali model ini dengan baterai 8,9 kilo Watt hours, yang dalam kondisi penuh bisa dipakai hingga 130 kilometer.

Bicara soal baterai, waktu pengisiannya jika memanfaatkan fasilitas standar yakni empat jam lebih. Namun apabila memakai sistem fast charging, maka dari 20 persen ke 80 persen hanya membutuhkan waktu 45 menit saja. Sayangnya, tidak disebutkan berapa harga dari motor ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya