Tutorial Naikkan Motor ke Kapal yang Salah, Jangan Ditiru

Video menaikkan motor ke atas kapal yang berujung gagal.
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Jasa penyeberangan menjadi penting untuk bepergian dari satu pulau ke pulau lain, yang dipisahkan oleh laut atau selat. Ini berlaku tidak hanya untuk orang saja, namun juga kendaraan bermotor.

Motor Baru Jangan Sampai Kehabisan Bensin, Risikonya Besar

Kapal feri yang geladaknya dirancang khusus untuk bisa menampung kendaraan, dimanfaatkan untuk keperluan itu. Aksesnya cukup mudah, yakni melalui lempengan besi yang menjadi bagian dari kapal dan direbahkan sehingga menjadi jembatan.

Sayangnya, tidak semua wilayah memiliki kapal jenis tersebut. Ada juga beberapa yang hanya menyediakan kapal berukuran sedang, serta tidak memiliki fasilitas jembatan seperti kapal feri.

Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

Jika sudah begitu, maka proses menaikkan sepeda motor ke atas kapal dilakukan dengan cara manual, yakni menggunakan sebilah papan.

Proses ini harus dilakukan dengan hati-hati, supaya kendaraan tetap aman dan tidak tercebur ke dalam laut. Gangguan bisa berasal juga dari ombak, yang membuat bodi kapal kerap bergeser tidak menentu.

Yamaha Aerox 2024 Makin Sporty dan Elegan dengan Warna Barunya

Hal itu yang terjadi dalam video yang baru-baru ini viral di media sosial. Dilansir VIVA Otomotif dari laman Instagram @makassar_iinfo, Selasa 20 Juli 2021, ada satu unit kuda besi yang terekam kamera hendak dinaikkan ke atas kapal oleh tiga orang.

Mereka memanfaatkan sebilah papan berukuran kecil, yang disandarkan di antara kapal dan dermaga. Kayu tersebut tampak melengkung saat motor dan dua orang berdiri di atasnya.

Karena takut kayunya patah, maka dua orang memutuskan untuk mundur dan membiarkan satu orang memegang motor tersebut. Namun, hal itu justru berujung pada hilangnya kestabilan dan membuat motor tercebur ke laut.

Photo :
  • Tangkapan layar
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya