Motor Listrik Rp13 Jutaan Ini Enggak Perlu Dicas

Motor listrik Smoot Tempur.
Sumber :
  • VIVA Otomotif

VIVA – Sejak beberapa tahun lalu, pasar otomotif Indonesia diramaikan oleh kehadiran motor listrik. Kendaraan canggih ini sama sekali tidak memerlukan bensin, sehingga bebas emisi gas buang.

Pelaku Pencurian Motor Tewas Dikeroyok Massa di Tangerang

Keuntungan lain yang didapatkan dari motor listrik, adalah minimnya biaya perawatan berkala. Tidak ada pelumas mesin yang perlu diganti, karena dinamo listrik yang digunakan tidak memerlukan piston dan transmisi.

Selain itu, beberapa wilayah juga sudah menerapkan insentif untuk kendaraan yang menganut teknologi elektrifikasi, mulai dari keringanan pajak hingga bea balik nama.

ABG 16 Tahun Nyetir Yaris, Tabrak 11 Motor dan 2 Mobil di Bekasi

Meski demikian, masih banyak masyarakat yang ragu untuk beralih ke motor listrik. Banyak yang menganggap, kuda besi ini kurang praktis digunakan sebagai alat transportasi sehari-hari karena waktu pengisian baterainya yang memakan waktu 4-6 jam.

Apalagi jika mobilitasnya tinggi, di mana dalam sehari bisa menempuh jarak hingga puluhan kilometer. Risiko kehabisan daya baterai, membuat mereka belum berani menjadikan motor listrik sebagai andalan untuk aktivitas harian.

Apes, Pelaku Curanmor di Medan Ditangkap Polisi Karena Ketahuan Jual Motor Curian di Medsos

Motor listrik Smoot Tempur.

Photo :
  • VIVA Otomotif

Namun, kini masalah itu sudah berhasil diatasi oleh teknologi yang ditawarkan oleh Swap Energy System, yang digunakan di motor listrik buatan Smoot. Dengan cara ini, maka baterai bisa kembali penuh hanya dalam waktu 9 detik.

“Pengendara tidak perlu khawatir kehabisan baterai saat harus bepergian jauh. Mereka dapat menghemat biaya transportasi, sekaligus memberi kontribusi positif yaitu pengurangan polusi udara,” ujar Chief Executive Officer PT Smoot Motor Indonesia, Irwan Tjahaja melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Rabu 4 Agustus 2021.

Teknologi Swap Energy System adalah proses penukaran baterai motor listrik, di mana pengguna bisa menaruh baterai yang sudah habis dayanya ke tempat yang telah disediakan dan memasang baterai lain yang sudah terisi penuh.

Lokasi penukaran yang jumlahnya diklaim mencapai ratusan titik di Jakarta, bisa dipantau menggunakan aplikasi. Prosesnya cukup mudah, dan sistemnya menggunakan pemesanan sehingga saat tiba di lokasi baterai pasti tersedia.

Unit kendaraan yang ditawarkan baru tersedia satu model saja, yakni Smoot Tempur yang dibanderol Rp13 jutaan selama masa promo. Motor ini mampu dipacu hingga kecepatan 60 kilometer per jam, dan bisa menempuh jarak 60 kilometer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya