Menang Rekor Dunia, Motor Ini Justru Disita Polisi

Motor terpanjang di dunia
Sumber :
  • Cartoq

VIVA – Rekor dalam dunia otomotif tidak hanya terbatas pada kecepatan yang bisa diraih saja, ada beberapa kriteria lain yang juga bisa dijadikan patokan untuk memberikan gelar bergengsi itu.

Terpopuler: Xpander Baru Lebih Irit, Mobil Terlaris di Indonesia Rp100 Jutaan

Salah satunya adalah dimensi, dan satu unit motor custom dari India berhasil mendapatkan penghargaan dari museum rekor dunia karena memiliki panjang 3,96 meter, lebih panjang dari mobil low cost green car atau LCGC lima penumpang.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Cartoq, Minggu 8 Agustus 2021, kuda besi itu adalah karya seorang warga India bernama Zakir Khan, yang bermukim di Karnataka.

Viral Konten Kreator Banyak Gaya saat Kendarai Motor Beat hingga Tabrak Mobil, Netizen Puas

Penghargaan dari Guinness World Records ia peroleh beberapa tahun lalu, dan sejak saat itu motor tersebut kerap dipajang di berbagai pameran otomotif, baik yang skalanya lokal maupun nasional.

Namun, belum lama ini beberapa polisi datang ke bengkelnya dan menyita motor itu. Zakir melayangkan protes, karena petugas tidak berhak untuk melakukan penyitaan di tempat pribadi seperti rumah dan bengkel. Ia bahkan menuding, salah satu petugas adalah kompetitornya yang kalah bersaing.

Jangan Salah, Ada Cara Mengerem Motor yang Benar Demi Hindari Kecelakaan

Meski demikian, kuda besi itu tetap diamankan oleh polisi karena Zakir dituding pernah mengendarainya di jalanan umum. Aturan yang berlaku di Negeri Hindustan mensyaratkan, bahwa motor modifikasi hanya bisa dikendarai di komplek atau area milik pribadi saja.

Sebagai informasi, Zakir menghabiskan waktu 45 hari untuk membuat motor itu. Dana yang ia keluarkan mencapai 600 ribu Rupee atau sekitar Rp116 juta.

Motor terpanjang di dunia

Photo :
  • Cartoq

Bukan hanya memiliki panjang hampir empat meter, motor ini juga memiliki bobot yang luar biasa, yaitu 450 kilogram. Uniknya, mesin yang digunakan berkapasitas kecil.

Zakir memasang mesin motor Bajaj Avenger berkapasitas 220cc, yang mampu menghasilkan tenaga 19 daya kuda serta torsi 17,5 Newton meter.

Karena harus menanggung beban yang sangat berat, mesin tersebut menyedot bensin yang sangat banyak. Konsumsi bahan bakarnya satu liter untuk jarak 7 kilometer, sehingga Zakir harus memasang tangki berkapasitas 50 liter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya