Yamaha R15 Edisi Spesial Segera Mengaspal

Bocoran motor Yamaha YZF R15M.
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Yamaha R15 merupakan salah satu motor dengan desain sport, yang meramaikan kelas 150cc di Indonesia. Kuda besi ini pertama kali mengaspal pada 2014, dan langsung diproduksi secara lokal oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Sandiaga Uno Puji Karung Penyelamat Motor di Turunan Maut, Reaksi Netizen di Luar Dugaan

Banyak ciri khas Yamaha yang menempel pada model ini, mulai dari desainnya yang beraroma balap hingga performa yang ditawarkan. Pada 2018, pabrikan berlogo garpu tala itu melakukan perombakan dengan menambahkan banyak fitur baru.

Yamaha R15 generasi ketiga hadir dengan suspensi depan upside down, serta mesin yang dibekali teknologi Variable Valve Timing atau VVA. Kelebihannya yakni pemakaian bensin menjadi lebih optimal, sesuai dengan bukaan gas.

Bayar Pajak Kendaraan Sekarang Dapat Diskon

Yamaha R15 tidak hanya dibuat di Indonesia, melainkan juga di India. Baru-baru ini, beredar dokumen yang menyatakan bahwa model tersebut akan hadir dalam varian baru yang memakai kode M.

Huruf M merupakan nomenklatur Yamaha, sebagai penanda bahwa motor tersebut dirancang khusus dengan mengutamakan performa. Salah satu contohnya, yakni YZR-M1 yang digunakan di ajang balap MotoGP.

Vespa World Days 2024 Siap Menyapa Penggemar dari Seluruh Dunia

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Gaadiwaadi, Rabu 25 Agustus 2021, sebelumnya wujud Yamaha YZF R15M berhasil direkam menggunakan kamera, saat sedang diuji coba di jalan.

Tampilan depannya berbeda jauh dari model yang ditawarkan saat ini, di mana hanya ada satu lampu depan berteknologi proyektor yang mirip dengan milik MT-15.

R15M memiliki dimensi sama persis dengan R15 standar, yakni panjang 1,990 milimeter, lebar 725 mm dan tinggi 1,135 mm. Kedua roda dibekali rem anti-lock braking system atau ABS.

Mesin yang disematkan juga tidak berbeda, yakni satu silinder dengan kapasitas 155cc yang bisa menghasilkan 18 daya kuda serta torsi 14 Newton meter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya