Segini Ongkos Restorasi Vespa Klasik

Pecinta Vespa
Sumber :
  • Dok: Kutu Vespa

VIVA – Sudah sejak lama masyarakat Indonesia tertarik untuk merestorasi motor tua seperti Vespa, agar bisa digunakan kembali dan memiliki penampilan yang sama seperti baru keluar dari diler. 

Apes, Pelaku Curanmor di Medan Ditangkap Polisi Karena Ketahuan Jual Motor Curian di Medsos

Untuk mewujudkan hal itu, tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan, terutama jika ingin menggunakan komponen sama persis dengan buatan masa lalu.

Waktu yang dibutuhkan juga tidak sebentar, bahkan bisa mencapai tahunan karena tidak mudah menemukan suku cadang orisinal yang sudah tidak diproduksi lagi oleh pabriknya.

Duel Yamaha NMAX vs Honda PCX di Pasar Motor Bekas, Siapa Paling Laris?

Vespa menjadi salah satu model motor yang jadi incaran, karena memiliki penampilan khas dan saat ini menjadi pelengkap identitas kaum muda.

Sejumlah perempuan menyalakan kendaraan skuter vespa saat mengikuti Kartini Ride 2019 di Bandung, Jawa Barat, Minggu, 21 April 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Novrian Arbi
Penjualan Motor Bulan Maret Naik, Total Sudah Laku 1,7 Juta Unit Sepanjang 2024

Meski keluaran terbarunya masih tersedia, tapi tidak sedikit yang justru mengincar model lama yang diproduksi puluhan tahun lalu. Semakin langka dan mulus kondisinya, maka sang pemilik akan semakin jadi sorotan.

Saat ini Vespa klasik masih bisa ditemukan di laman jual beli kendaraan bekas, namun harga dan kondisi berbeda-beda karena tidak ada standarnya. Lantas, berapa biaya yang dibutuhkan untuk restorasi?

Pemilik bengkel Vespa Pvlen, Adnan Agung Renwarin mengatakan bahwa tempatnya menawarkan jasa restorasi Vespa berbagai tipe, mulai dari small frame hingga wide frame.

“Bila konsumen mau servis kami bisa, mau restorasi juga ada. Kemudian mau poles, coating kami juga bisa. Jadi, one stop shooping,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Minggu 12 September 2021.

Bengkel Vespa Pvlen

Photo :
  • Istimewa

Dua tahun lalu, bengkel Vespa Pvlen yang berlokasi di Pamulang, Tangerang Selatan hanya melayani jual beli saja. Namun dengan semakin bertambahnya peminat motor tersebut, Adnan memutuskan untuk memperluas layanan yang diberikan.

“Awalnya hanya jual beli. Kami beli Vespa yang kira-kira pemilik bingung mau diperbaiki mahal, atau bingung mau benerin tapi tidak tahu untuk dapat suku cadang di mana. Kami betulin sedikit dan jual, tinggal jalan,” tuturnya.

Terkait biaya restorasi, Adnan menyatakan bahwa kisarannya adalah Rp3,5 juta untuk model small frame, Rp3,8 juta untuk large frame dan Rp4 juta untuk wide frame.

“Itu promo selama September tahun ini. Kami juga beri gratis cuci dan poles selama satu tahun,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya