Koleksi Moge Indro Warkop Bisa Bikin Anak Harley-Davidson Bingung

Indro Warkop
Sumber :
  • VIVA/Aiz Budhi

VIVA – Indro Warkop DKI belakangan ini menjadi sorotan, lantaran diduga memberikan komentar pedas terkait kemunculan tiga anak muda di media sosial yang dianggap mirip dirinya, beserta almarhum Dono, dan Kasino.

Royal Enfield Guerilla 450 Siap Meluncur, Bakal Bersaing dengan Motor Ini

Namun di luar hal tersebut, diketahui Indro merupakan salah satu artis senior yang doyan motor gede alias moge. Pelawak kelahiran 1958 itu menjadi sosok berpengaruh dalam komunitas pengguna Harley-Davidson.

Bukan hanya disegani sebagai salah satu yang tertua, namun isi garasi Indro bisa bikin bingung, dan kaget para pencinta Harley-Davidson di Indonesia. Karena termasuk langka, atau jarang yang punya.

Punya Harta Rp23 M, Intip Koleksi Kendaraan Ridwan Kamil yang Ditugaskan Maju Pilgub Jakarta

Hal itu diungkapkan melalui kanal Youtube Ferry Maryadi. Di dalam tayangannya, terlihat sebagian lahan rumah Indro disulap layiknya bengkel, dan terparkir beberapa moge lawas asal Amerika Serikat.

Salah satu yang termasuk barang langka adalah Harley-Davidson Road King Police 1996. Bahkan secara khusus moge itu didapatkan dari seorang temannya di Amerika Serikat yang juga berprofesi sebagai polisi.

Terpopuler: Harga Stylo 160 Usai Lebaran, 5 Motor Honda Paling Irit April 2024

“Ini pertama di Indonesia Road King Police, dan bisa ikut pemutihan saat itu. Kebetulan ada teman di U.S Marin, dan dia masuk polisi. Nah dia yang usahain banget, dibantu teman lain juga akhirnya masuk ke Indonesia,” ujar Indro kepada Ferry Maryadi.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Mbike, Senin 20 September 2021, HD FLHR Road King Police dengan tahun produksi yang serupa mengandalkan mesin V-twin OHV dua silinder berkapasitas 1.338cc. Meski volumenya besar, namun tidak dilengkapi radiator atau pendingin cairan.

Sistem pengabutan masih karburator dengan pengapian digital CDI. Tenaga maksimal moge lawas itu 60,7 daya kuda di 5.000 rpm, dan torsi 102 Newton meter di 3.000 rpm, disalurkan melalui transmisi manual 5-percepatan menggunakan sabuk karet.

Mengutip dari beberapa sumber, pertama kali Harley-Davidson digunakan kepolisian di Amerika sejak 1908. Bahkan sudah 40 negara lain, termasuk Indonesia yang kini menggunakan moge tersebut sebagai kendaraan dinas.

HD Police baru dibangun dari beberapa model, salah satunya Electra Glide. Meggendong mesin 1.690cc berpendingin cairan, dan sistem pengabutannya sudah injeksi. Torsi maksimal 136 Newton meter di 3.250 RPM.

Dimensi panjang moge tunggangan penegak hukum itu menjaadi 2.497 mm, lebar 965 mm, tinggi jok 693 mm. Jarak sumbu rodanya 1.613 mm, sementara jarak pijak terendah ke tanah 130 mm, dan bobot 400 kilogram.

Pada sektor kaki-kaki, moge polisi itu mengandalkan pelek berukuran 17 inci depan dibalut ban 130/80, dan pelek belakang 16 inci dengan ban 180/65. Pengereman depan dan belakang menggunakan cakram berukuran 32 mm dengan kaliper empat piston.

Masih banyak koleksi Harley-Davidson Indro Wakrop, di antaranya yang sudah di-custom dengan mengandalkan mesin Softail lansiran 1972, kemudian Softail Head Police.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya