Viral, Motor Honda Vario Baru Patah Tulang Gegara Kecelakaan

Honda Vario 150 kecelakaan
Sumber :
  • Screenshoot Instagram

VIVA – New Honda Vario 125 mendapatkan penyegaran pada April 2021. Motor matik buatan PT Astra Honda Motor (AHM) itu memiliki warna baru yang lebih beragam, dengan desain striping lebih agresif.

Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

Untuk tipe CBS terdapat advance red, advance black, sedangkan tipe CBS-ISS ditawarkan warna baru advance matte white. Yang spesial advance matte blue, atau biru doff dengan striping, dan pelek berkelir emas.

Tampak terlihat mewah untuk tipe tertinggi dari Vario 125 tersebut. Soal fitur, dan mesin tidak ada perubahan. Mengingat statusnya masih baru, tidak heran menjadi bahan perhatian jika ada sesuatu yang terjadi.

2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

Salah satunya melalui video unggahan akun Instagram @scooterhonda, terlihat Honda Vario 125 baru mengalami kecelakaan, hingga membuat kondisinya ringsek. Motor matik tersebut hanya disandarkan di pinggir jalan.

Video tersebut viral di media sosial, hingga kini sudah ditonton sampai 5,1 juta warganet. Dari tayangan itu terlihat Vario 125 tipe CBS-ISS dengan warna biru doff tersebut mengalami kerusakan parah pada bagian luar.

Viral Motor Matik Diisi Minyak Kayu Putih Campur Bensin, Ini Kata Pakar

Terutama sasisnya yang melengkung pada dashboard dan pijakan kaki, sehingga bagian depan, dan belakang tampak menyatu layiknya huruf ‘U’. Setang menyentuh jok, namun lampu utama, dan spakbor tidak begitu hancur.

Tdak ada informasi terkait penyebab dari kecelakaan, dan lokasinya. Saat dikonfirmasi terkait kerusakan pada motor matik tersebut, Technical Service Division PT AHM, Endro Sutarno menyebut bahwa sasis atau tulangnya patah.

“Ini bisa jadi frame bagian depan patah,” ujarnya melalui pesan singkat kepada VIVA Otomotif, Senin 27 September 2021.

Disinggung terkait daya benturan yang bisa menyebabkan sasis remuk, atau patah, Endro enggan menjelaskan. Namun menurutnya, pondasi tulang dari motor matik berbeda dengan jenis lain seperti halnya naked, atau sport.

“Bisa jadi karena desainnya beda, penghubung frae depan, dan belakang (matik) hanya satu di bawah, beda dengan tipe sport,” tutur Endro.

New Honda Vario 125 tipe CBS-ISS dengan warna baru itu dilengkapi sejumlah teknologi yang meliputi eSP , dan ISS. Sehingga diklaim dapat menghemat konsumsi bahan bakar, namun tetap menghasilkan tenaga maksimal.

Hasil pengujian internal Honda, mesin berkapasitas 125cc milik matik tersebut hanya membutuhkan bensin satu liter untuk berjalan hingga 51,7 kilometer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya