Murah! Punya Uang Segini Bisa Beli Honda Vario 150 Bekas

All New Honda Vario 150
Sumber :
  • Dok: AHM

VIVA – Honda Vario merupakan motor matik pertama yang diproduksi PT Astra Honda Motor (AHM) pada 2006 lalu. Memiliki bentuk yang cukup besar, kehadirannya untuk menyaingi Yamaha Mio yang saat itu masih menguasai pasar.

Jangan Takut Tertipu, Simak Tips Jitu Cara Beli Motor Bekas yang Aman

Mengutip situs resminya, pada 2009 produsen motor berlambang sayap mengepak itu memberikan pembaharuan dengan tampilan lebih modern. Lampu depan model terpisah tetap dipertahankan, dengan garis bodi serba lancip.

Jantung pacunya masih mempertahankan generasi pertama, dengan sistem pengabutan karburator lansiran Keihin. Namun Honda sudah menanamkan teknologi pengereman baru yang disebut combi-brake system atau CBS.

Skutik Matik Kuasai Pasar Mokas, Begini Nasib Motor Sport 150cc

Mengikuti perkembangan teknologi, dan kebutuhan pasar, pada 2013 generasi keduanya hadir dengan perubahan total. Bahkan Vario memiliki pilihan dua mesin baru, yakni 110cc, dan 125cc berbekal sistem pengabutan injeksi alias PGM-FI.

Melihat ramainya pasar skutik bermesin 150cc yang ditawarkan pabrikan lain, PT AHM menghadirkan Vario 150 pada 2015. Secara desain serupa dengan versi 125, namun warna yang ditawarkan berbeda begitu juga fitur didalmnya.

Daftar Motor Matik Bekas Paling Laku di Pasaran

Khusus Vario 150 dibekali answer back system untuk membantu pemilik mencari motor di lahan parkir dengan tanda suara layiknya alarm. Bermodal mesin besar, tenaga maksimalnya 12,64 PS di 8.400 rpm, dan torsi 12,8 Nm di 5.000 rpm.

Mesin tersebut didukung teknologi eSP atau enchanched smart power, gunanya untuk meminimalisir suara berisik saat starter. Memasuki 2018, Vario 150 mendapatkan perubahan cukup signifikan dari sebelumnya.

Tenaganya juga melonjak menjadi 13,1 PS di 8.500 rpm, dan torsi 13,4 Nm di 5.000 rpm, meski secara kapasitas masih serupa. Penampilannya lebih elegan, dan sporty, fiturnya juga lebih lengkap. Harga barunya saat itu Rp22,5 juta.

Mengingat banderolnya cukup mahal untuk sebagian orang, maka membelinya dalam kondisi bekas menjadi solusi. antas berapa harga bekasnya saat ini?

“Vario 150 tahun 2018 kisaran harganya Rp15-16 juta,” ujar Ahmad pemilik showroom Dori Motor saat dihubungi VIVA Otomotif, Selasa 28 September 2021.

Lebih lanjut dia menjelaskan, kondisi motor, kelengkapan surat-surat, status pajak, hingga jarak tempuh masih menjadi faktor utama yang mempengaruhi harga. “Kalau jaraknya jauh, atau sduah capek Rp14 jutaan paling,” tuturnya.

Sementara bagi yang memiliki budget terbatas, bisa melirik Vario 150 generasi pertama yang diproduksi pada 2015. Berdasarkan informasi dari beberapa platform jual beli online, banderol matik tersebut hanya 11-13 jutaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya