Inikah Tampilan Honda Vario 160, Meluncur Akhir Tahun?

Ilustrasi Honda Vario 160. Foto: Greatbiker.
Ilustrasi Honda Vario 160. Foto: Greatbiker.
Sumber :
  • Greatbiker.

VIVA – Setelah meluncurkan Honda PCX 160, ternyata Honda juga kemungkinan akan menyematkan mesin berkapasitas 160cc tersebut ke varian lain termasuk Honda Vario.

Apalagi rumor Honda bakal mengeluarkan Vario 160 memang sudah lama terdengar, terlebih mulai muncul foto-foto penampakan yang diduga adalah Vario 160, yang ditampilkan Motosaigon.

Dikutip VIVA Otomotif dari media Vietnam tersebut, Kamis 30 September 2021, motor Honda Vario 160 itu berada di dalam gudang. Sayangnya, foto yang diambil dalam kualitas rendah.

Terlihat, bodi, headlamp dan lampu belakang dari motor matic andalan Honda itu. Di mulai dari lampu depan, yang penampilannya CBR1000RR.

Menariknya, teknologi baru disematkan pada lampu tersebut yang kemungkinan proyektor. Sistem lampu depan dibuat dengan 4 kluster yang dikombinasi lampu DRL (Day Running Light) di tengahnya.

Sedangkan pada bagian lampu sein di sisi bodi diletakkan mendatar. Beralih ke bagian belakang, modelnya juga berubah tapi masih menggunakan sistem LED serta lampu sein terpisah.

Terakhir di bagian bodi memiliki desain yang tajam dan nampak agresif. Terutama di area fairing yang hadir dengan bentuk berlapis-lapis.

Untuk sektor mesin, diduga Vario generasi baru ini akan menggunakan mesin eSP + dengan penambahan jumlah klep dari 2 menjadi 4. Kapasitas mesin juga meningkat menjadi 157cc, yang sama dengan PCX 160.

Walau begitu, belum ada kabar akan fitur PCX 160 di Vario ini seperti HSTC atau Honda Selectable Torque Control dan antilock braking system (ABS). Pesaing Yamaha Aerox 155 ini, disinyalir akan lebih dulu meluncur di Thailand.

Sementara itu, akankah Honda Vario 160 dipasarkan di Indonesia? VIVA Otomotif sebelumnya sempat bertanya kepada PT Astra Honda Motor (AHM) mengenai kemungkinan pihaknya meluncurkan Honda Vario 160 untuk pasar Indonesia, akan tetapi mereka mengklaim belum berminat. Sebab, mereka masih percaya dengan produk yang saat ini tersedia.