Motor Bebek Honda Salah Gaul akan Diluncurkan di Indonesia?

Honda XRM 125
Sumber :

VIVA –  Pada awal tahun ini, Honda Filipna percaya diri meluncurkan Honda XRM 125, motor yang dihadirkan untuk kalangan pehobi tersebut mengusung tampilan unik yang terlihat bak motor ‘salah pergaulan’.

Muncul Sinyal Honda Revo Baru di Indonesia

Disebut salah pergaulan karena dalam kondisi standar motor bebek ini punya tampilan trail, karena Honda XRM125 memadukan tampilan motor bebek dan trail. Namun, bagi masyarakat di Indonesia, model tersebut masih terbilang asing.

Nah uniknya, Honda diketahui telah mendaftarkan paten motor baru, dalam  Data Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI, Honda mendaftarkan desain motor ayam jago bergaya trail.

Sepeda Motor Bebek Ini Bikin Warganet Terkesima

Pemegang desain industri tersebut atas nama Honda Motor Co yang beralamat di Tokyo, Jepang. Sementara desainernya bernama Chalermpol Thepprapan dan Sorawit Maliphan, keduanya warga kebangsaan Thailand.

Dengan data itu, artinya PT Astra Honda Motor sebagai APM sepeda motor Honda di Indonesia akan menjual Honda XRM 125 di Indonesia, dengan sasaran untuk para penghobi?

Daftar Lengkap Harga Sepeda Motor Honda Desember 2023

"Untuk mematenkan barang itu tidak harus oleh AHM, dari mana saja bisa. Tak juga harus dari Indonesia, tapi kami belum ada rencana ke sana, tetaplah kami masih fokus pada produk yang saat ini ada," ujar General Manager of Corporate Communication PT Astra Honda Motor, Ahmad Muhibbudin saat ditemui di Bekasi, dikutip VIVA Otomotif Jumat 1 Oktober 2021.

Seperti diketahui, Honda XRM125 baru juga mendapat pembaruan kecil di sejumlah bagian, mulai dari garis-garis di kedua sisi bodi hingga grafis baru yang diklaim lebih sporty. Selain itu, pabrikan menambahkan under cowl yang memberikan perlindungan lebih baik terhadap mesin tranversal-nya.

Diketahui, motor salah pergaulan itu menggunakan mesin 125cc empat langkah Single Overhead Cam (SOHC) berpendingin udara yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 7,12 kW dan torsi maksimum 9,55 Newton meter.

Pembekalan tersebut disandingkan dengan transmisi manual empat-percepatan dan sistem pengereman cakram depan dan belakang. Sementara dalam hal efisiensi bahan bakar, Honda XRM125 baru terbilang irit. 

Berdasarkan Metoda World Motorcycle Test Cycle (WMTC) motor itu bisa menempuh jarak 65,4 kilometer hanya bermodalkan satu liter BBM. 

Honda Filipina menghadirkan motor tersebut dalam tiga varian berbeda, yakni Dual Sport, Dual Sport Extreme, dan Motard. Sementara harga jualnya mulai dari Rp20,1 jutaan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya