Mesinnya 1 Silinder, Sekencang Apa Motor yang Digunakan di Moto3?

Motor Moto3. Foto: KTM.
Sumber :
  • KTM.

VIVA –  Berbeda dengan Moto2 dan MotoGP, motor yang digunakan di kompetisi Moto3 memiliki dimensi dan kapasitas mesin lebih kecil. Namun, bukan berarti tunggangan tersebut tak mengerikan saat dipacu di lintasan. Bahkan, jika diperhatikan, manuvernya justru terlihat lebih liar.

Kasus ABG Tabrak 11 Motor dan 2 Mobil di Bekasi Berakhir Damai

Berbekal ukuran mungil, pembalap Moto3 bisa bergerak lebih lincah dibandingkan Moto2 ataupun MotoGP. Itulah mengapa, kompetisi kelas bawah tersebut kerap menyajikan aksi saling balap antara satu pembalap dengan pembalap lainnya.

Lantas, bagaimana spesifikasi lengkap motor yang digunakan di kompetisi Moto3? Benarkah sama seperti motor umum yang banyak beredar di jalan raya, atau justru berbeda?

Teuku Rifnu Wikana Ungkap Kronologi Tabrak Lari yang Menimpa Keluarganya

Disitat VIVA Otomotif dari Motorcycle, Selasa 5 Oktober 2021, motor yang digunakan di kejuaraan Moto3 hanya dibekali kapasitas mesin 250cc bersilinder tunggal. Namun, tenaga yang bisa dihasilkan cenderung lebih besar dibanding motor konvensional dengan pembekalan yang sama.

Satu Motor dan Mobil Tertimpa Pohon Tumbang di Depok

Karuan saja, motor yang digunakan di Moto3 menggunakan special engine atau mesin khusus yang mampu memuntahkan tenaga maksimum 62 daya kuda serta kecepatan puncak 245 kilometer per jam. Kendati kencang, namun uniknya ukuran motor balap tersebut sangat kecil. Bahkan, bobotnya hanya berkisar 80-85 kilogram.

Balapan Moto3 Catalunya 2021.

Photo :
  • Instagram/@motogp

Sedangkan menurut FIM World Championship Grand Prix Regulations 2020, saat ini hanya ada dua pabrikan yang membuat mesin untuk kejuaraan Moto3, yakni Honda dan KTM. Kabarnya, mesin yang digunakan untuk kompetisi kelas rendah itu sangat mahal. Itulah mengapa, setiap pembalap hanya mendapat jatah 8 mesin per musim.

Masih menukil sumber yang sama, harga mesin per gelondong untuk motor Moto3 mencapai Rp190 jutaan. Maka menjadi wajar jika secara kualitas atau tenaga jauh lebih baik dibanding motor pada umumnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya