Nitrogen Enggak Bisa Diisi pada Sepeda Motor Pelek Jari-Jari?

Green Nitrogen.
Green Nitrogen.
Sumber :
  • Dokumentasi Green Nitrogen.

VIVA – Pengisian angin nitrogen saat ini banyak tersebar, baik di dalam pom bensin maupun rest area. Karena penggunaan nitrogen pada ban kendaraan ternyata memiliki banyak kelebihan.

Selain tahan lama dibandingkan angin biasa, nitrogen juga memiliki keunggulan lainnya seperti kandungan angin yang terdapat pada nitrogen dinilai mampu membuat ban tak gampang kempes, karena sifat zat yang terkandung lebih dingin ketimbang udara biasa.

Sebab pada dasarnya, nitrogen mempunyai sifat dingin. Berbeda dengan udara biasanya yang mudah memuai saat suhunya naik, ketika menggunakan nitrogen pengendara motor enggak akan mengalami ban meletus saat motor terjemur matahari. Selain lebih dingin molekul pada nitrogen juga lebih besar dari ada molekul angin biasa, karena itu nitrogen dinilai lebih awet.

Dengan kelebihan yang ditawarkan oleh nitrogen, muncul juga mitos beredar di masyrakat tentang nitrogen yang kadang menjadi perbedebatan seperti yang dilansir dari Corsa Tire tentang mitos nitrogen membuat laju motor lebih ringan. 

Faktanya tidak sepenuhnya benar, memang benar jika berat masa nitrogen lebih ringan daripada angin biasa. namun nitrogen hanya lebih ringan sekitar 5%, karena perbedaan berat massa yang sedikit, pengemudi tidak akan terlalu merasakan perbedaannya.

Mitos lainnya yaitu nitrogen tidak bisa dipakai di pelek jari-jari, hal itu salah, karena nitrogen dapat dipakai di pelek jari-jari. Justru nitrogen yang mengandung sedikit air dapat membuat pelek yang terbuat dari besi tidak akan mudah berkarat.

Ada juga mitos nitrogen hanya dapat digunakan untuk ban tubeless. Faktanya salah, karena nitrogen dapat digunakan di semua tipe ban karena pada dasarnya seluruh tipe ban membutuhkan tekanan angin.