Gajinya Besar, Karyawan Pinjol Bisa Beli Motor Baru Setiap Bulan

ilustrasi naik motor
ilustrasi naik motor
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pinjaman online, atau pinjol ilegal cukup banyak beredar di Indonesia, baru-baru ini Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareksrim Polri berhasil membongkar sindikat pinjol tanpa izin di wilayah Jakarta, dan Tangerang.

Tujuh tersangka atau karyawan pinjol yang diamankan berinisial RJ, JT, AY, HC, AL, VN, dan HH. Mereka bertugas membantu perusahaan tersebut untuk menyebar pesan singkat berisi ancaman, dan penistaan kepada para debitur.

Video Kantor Penagih Utang Pinjol Digerebek Polisi (Instagram/lintas.patroli)
Photo :

Video Kantor Penagih Utang Pinjol Digerebek Polisi (Instagram/lintas.patroli)

Yang mengejutkan meski terlihat pekerjaannya sepele, gaji mereka sangat besar. “Antara Rp15 juta sampai Rp20 juta per bulan,” ujar Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim, Brigjen Helmy Santika kepada wartawan.

Artinya pendapatan karyawan pinjol setara harga motor baru, atau bekas pakai. Dengan memiliki uang Rp15-20 juta, mereka bisa memboyong berbagai jenis kendaraan roda dua, seperti matik, moped alias bebek, hingga sport fairing.

Untuk kondisi baru, ada beberapa brand besar yang menawarkan produknya dengan rentang harga tersebut. Salah satunya Yamaha, cukup banyak motor matik buatannya yang dijual setara gaji para karyawan pinjol illegal.

Diantaranya Yamaha Gear 125 hanya Rp17 juta, sampai Rp17,750 juta. Kemudian jika ingin bagasi lebih luas, dan fitur lebih lengkap ada Freego yang saat ini dilego Rp19,550 juta, atau Fino Premium Rp19,140 juta.