Kenali Perbedaan KTM Inul dengan KTM dari Austria

KTM Inul.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA – Beberapa tahun lalu, pasar otomotif di Indonesia pernah diramaikan merek roda dua asal China yang bernama KTM. Kala itu, mereka mulai dikenal masyarakat usai menggunakan jasa pedangdut Inul Daratista sebagai bintang iklan.

20 Fakta Mengejutkan Adolf Hitler, Veteran Perang Dunia I yang Berubah Menjadi Diktator Kejam

Iklan KTM yang dibintangi Inul identik dengan slogan ‘Kate siape? KTM dong ah!” dan muncul di sejumlah saluran televisi nasional.

Menariknya, saat ini banyak pihak salah sangka dan mengira KTM Inul sama dengan merek KTM yang menjual produk-produk kenamaan seperti Duke dan RC-series. Padahal, keduanya tentu berbeda.

Makin Kuat, 4 Negara Ini Diduga Pasok Senjata ke KKB Papua, Salah Satunya Amerika

Motor KTM di IIMS 2019

Photo :
  • Farhan/viva.co.id

KTM Inul yang berasal dari China merupakan kependekan dari Kingtown Tian Ma. Sedangkan KTM yang saat ini masih menjual kendaraan di Indonesia dan turut berkompetisi di MotoGP merupakan merek Austria yang berasal dari nama Kronreif Trunkenpolz Mattighofen.

Produksi Sepeda Motor KTM akan Dipindah ke China

KTM Austria dan KTM Inul memiliki sejumlah perbedaan signifikan, salah satunya lini produk yang keduanya pasarkan. KTM Austria fokus menjual motor sport, naked, hingga off-road dengan mesin besar dan banderol yang cenderung mahal.

KTM Inul.

Photo :
  • Istimewa.

Sementara KTM Inul yang sempat eksis di Indonesia pada penghujung 90-an hingga awal 2000-an itu, hanya menjual motor bebek dan kendaraan roda tiga dengan harga terjangkau. Sebenarnya, mereka sempat menghadirkan skuter matik, namun tidak terlalu laku setelah kalah saing dari produk buatan Jepang.

Saat ini, KTM Austria masih menjajakan produknya di Indonesia melalui PT Penta Jaya Laju Motor atau PJLM. Sedangkan KTM Inul sudah menghilang entah ke mana. Bahkan, untuk menemukan unitnya saja, rasanya sulit sekali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya