Fix! Honda Vario 160 Meluncur Akhir 2021, Simak Bocorannya

Ilustrasi Honda Vario 160. Foto: Greatbiker.
Sumber :
  • Greatbiker.

VIVA – Penantian panjang terhadap peluncuran Honda Vario 160 agaknya sudah memasuki babak akhir. Sebab, menurut sejumlah informasi, skuter matik baru tersebut kabarnya bakal menyapa konsumen pada penghujung tahun ini. Lantas, sejauh apa kabar tersebut bisa dipercaya?

Pesanan Honda Stylo 160 Membeludak

Disitat VIVA Otomotif dari Greatbiker, Senin 18 Oktober 2021, sumber terpercaya mengatakan, Honda Vario 160 sudah pasti akan meluncur pada akhir tahun. Namun, motor yang telah lama dinantikan kehadirannya tersebut bukan lebih dulu meluncur di Indonesia, melainkan Thailand atau Vietnam.

Jika demikian, maka skema peluncuran Honda Vario 160 akan sama dengan Honda PCX 160, beberapa bulan lalu. Kala itu, skutik bongsor tersebut lebih dulu dikenalkan di Thailand, baru kemudian dipasarkan di Indonesia.

Muncul Sinyal Kehadiran Honda Stylo 125

Honda Vario 160

Photo :

Menurut keterangan dari sumber yang sama, kepastian peluncuran motor tersebut kemungkinan tidak akan meleset. Seandainya debut kendaraan dihelat pada Desember 2021, maka besar kemungkinan unitnya baru masuk Indonesia awal 2022.

Daftar Skuter Matik 125cc Terbaru, Mulai Rp17 Jutaan

Terlepas itu semua, kami sempat bertanya kepada PT Astra Honda Motor (AHM) mengenai kemungkinan menjual Honda Vario 160 di Indonesia. Namun, kala itu mereka memastikan, belum punya rencana demikian.

Diketahui, sebelumnya Honda disebut-sebut tengah menyiapkan produk baru dengan kode proyek ‘K2’. Kabarnya, kode tersebut menjurus kepada skuter matik anyar, yakni Honda Vario 160.

Honda Vario 150 yang saat ini dipasarkan di Indonesia memiliki kode proyek ‘K59J’, sedangkan Vario 125 berkode ‘K60R’. Meski masih sekadar dugaan, alias belum sepenuhnya pasti, konon kode dengan awalan ‘K2’ tersebut mengarah pada Honda Vario dengan mesin lebih besar.

Bocoran Fitur dan Spek Honda Vario 160

Honda Vario 160 disebut-sebut bakal berubah total dari segi tampilan. Misalnya pada bagian lampu depan dan belakang, fairing atau sayap yang dirancang lebih aerodinamis, serta ukuran ban yang kabarnya dibuat lebih besar.

Calon senjata baru Honda itu kemungkinan akan menggunakan rangka baru berjenis enhanced Smart Architecture Frame atau eSAF yang membuat bobot kendaraan jauh lebih ringan dan nyaman dikendarai.

Honda Vario 160 kabarnya juga membawa fitur anyar yang belum tersedia di model sebelumnya, seperti sistem pengereman ABS, Honda Selectable Torque Control (HSTC), dan masih banyak lagi. Hal tersebut merupakan langkah penyempurnaan yang harus dilakukan pabrikan demi menjerat banyak konsumen baru.

Sementara untuk ruang pacu, sejumlah sumber menduga, Honda Vario baru bakal menggunakan mesin eSP+ empat klep dengan kapasitas 156cc dan rasio kompresi 12:1. Pembekalan tersebut  membuat kendaraan mampu menghasilkan tenaga maksimum 15,8 daya kuda dan torsi puncak 15 Nm.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya