Jika Pakai Mesin PCX, Ini Perbedaan Honda Vario 160 Vs Nmax

Honda Vario 160
Sumber :

VIVA – Honda disebut-sebut tengah menyiapkan Vario baru dengan kapasitas mesin lebih besar, yakni 160cc. Kabarnya, motor yang berangkat dari segmen skuter matik tersebut, dikembangkan di Jepang sebelum akhirnya Honda Vario 160 ini dipasarkan di sejumlah negara Asia lainnya.

Viral Motor Matik Diisi Minyak Kayu Putih Campur Bensin, Ini Kata Pakar

Seperti dikutip VIVA Otomotif dari Greatbiker, Senin 18 Oktober 2021, Honda Vario 160 sudah pasti akan meluncur pada akhir tahun. Namun, motor yang telah lama dinantikan kehadirannya tersebut bukan lebih dulu meluncur di Indonesia, melainkan Thailand atau Vietnam.

Jika skemanya demikian berarti peluncuran Honda Vario 160 akan sama dengan Honda PCX 160, beberapa bulan lalu. Kala itu, skutik bongsor tersebut lebih dulu dikenalkan di Thailand, baru kemudian dipasarkan di Indonesia.

Daftar Motor Matik Bekas Paling Laku di Pasaran

All New Honda PCX

Photo :
  • AHM

Menurut keterangan dari sumber yang sama, kepastian peluncuran motor tersebut kemungkinan tidak akan meleset. Seandainya debut kendaraan dihelat pada Desember 2021, maka besar kemungkinan unitnya baru masuk Indonesia awal 2022.

Ribut dengan Pemotor Lain, Pengendara Yamaha RX-King Ini Dipaksa Cium Asap Knalpotnya Sendiri

Rumor lain menyebutkan jika desain Honda Vario 160 akan berubah total dan tampilannya lebih modern. Tentunya ini akan menarik, sebab harus diakui jika desain Vario saat ini sudah cukup modern, dengan lampu-lampu full LED, dan desain fascia yang agresif.

Sebagai catatan, perubahan dari sisi desain ini mutlak dilakukan Vario mengingat kompetitornya, Yamaha Aerox 155, dinilai memiliki desain yang lebih agresif, berani, dan disukai kalangan anak muda.

Kemudian dari sisi safety, kemungkinan besar Vario 160 tipe teratas akan dibekali dengan sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System). Namun pertanyaan apakah Vario 160 ini juga akan dilengkapi kontrol traksi HSTC, hal itu tampaknya sulit terjadi karena bisa membuat harga motor ini jadi mahal.

Honda Vario 160 atau Click itu akan memggunakan mesin eSP+ baru atau sama dengan PCX 160. Yaitu, mesin eSP +, 156 cc, 4 klep, bore x stroke: 60,0 mm x 55,5 mm, rasio kompresi 12: 1.

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 15,8 dk pada 8.500 rpm dan torsi 15 Nm pada 6.500 rpm. Akan tetapi, mesin akan memiliki kode berbeda dengan PCX 160. Karena, ada teknologi seperti empat katup. 

Mesin dengan jumlah klep 4 ini bisa bersaing dengan Yamaha Nmax dan Aerox 155. Tapi yang disayangkan, mesin 160 cc Honda ini belum dilengkapi katup variabel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya