Ekspor Motor Buatan Indonesia Menembus Rekor

Ilustrasi ekspor sepeda motor.
Ilustrasi ekspor sepeda motor.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA – Penjualan motor pada September kemarin secara domestik mengalami penurunan, jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Namun, tidak demikian dengan unit yang diekspor.

Menurut data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia atau AISI, dikutip VIVA Otomotif Kamis 21 Oktober 2021, distribusi kendaraan bermotor roda dua dari pabrik ke diler pada bulan ke-8 tahun ini yaitu 470.065 unit.

Angka tersebut naik sebanyak 24,8 persen apabila dibandingkan dengan Juli tahun ini, yang tercatat sebanyak 376.640 unit.

Namun sayangnya, pada September ada penurunan walaupun besarannya hanya 0,1 persen saja. Di bulan ke-9 tahun ini, ada 464.614 unit kuda besi yang dikirimkan dari pabrik ke diler.

Pabrik sepeda motor Honda.
Photo :
  • AHM

Pabrik sepeda motor Honda.

Meski demikian, pencapaian tersebut jauh lebih baik ketimbang perolehan di bulan yang sama pada tahun lalu, yang angkanya tercatat hanya 380.713 unit.

Selama sembilan bulan di tahun ini, sudah ada 3,6 juta sepeda motor yang dikirimkan dari pabrik ke diler-diler di seluruh Indonesia. Jumlah ini lebih baik dari tahun lalu, yang tercatat sebanyak 2,9 juta unit.