Motor Ini Bisa Diatur Pakai Teknologi Internet of Things

Motor listrik Volta.
Sumber :
  • Dok: VSI

VIVA – Ada yang unik dan berbeda dari pameran Indonesia E- Vehicle Expo 2021, yang berlangsung pada 2 hingga 4 November 2021 di Area Outdoor Ciwalk Mall, Bandung.

Aksi Ibu-ibu Naik Motor Nekat Lawan Arah, Warganet: Ras Terkuat di Jalanan

Salah satu peserta acara tersebut, yakni PT Volta Indonesia Semesta memajang motor listrik yang ramah lingkungan dan diberi nama Volta. Memiliki empat tipe sepeda listrik, satu tipe motor listrik serta tiga tipe motor listrik roda tiga, Volta siap menembus pasar kendaraan listrik di Tanah Air.

Salah satu yang dipamerkan adalah Volta 401. Memiliki dimensi kendaraan yang langsing berukuran panjang 1.920 milimeter, lebar 1.100 mm dan tinggi 680 mm, model ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 60V 23A berjenis SGB Lifepo4 Lithium dan kekuatan motor 1500 Watt, yang mampu menempuh jarak hingga 60 kilometer.

Royal Enfield Siapkan 4 Motor Baru, Ada Model 350 cc

“Motor listrik Volta hadir dengan Battery Replacement System, sebagai inovasi penggerak yang bertujuan untuk
mengurangi penggunaan bahan bakar minyak,” ujar Direktur VSI, Willty Awan melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Kamis 4 November 2021.

Motor listrik Volta.

Photo :
  • Dok: VSI
Suzuki Access 125 Facelift Bakal Meluncur dengan Gaya Skutik Italia

Selain tidak perlu melewati uji emisi karena tidak menghasilkan gas buang. motor listrik Volta juga disematkan teknologi NFCX berbasis internet of things atau IoT.

Pengguna Volta akan dapat mengatur kendaraan listrik dan penggunaan baterai mereka dengan nyaman, melalui platform digital yang didukung oleh NFCX.

“Dengan demikian, kami berharap dapat memperkuat kegunaan dan mengurangi keraguan yang terkait dengan
adopsi electric vehicle atau EV, terutama pada jarak tempuh dan frekuensi penggunaan,” tutur Presiden Direktur NFCX, Abraham Theofilus.

Resmi memasarkan produk sejak 2018, Willty menyebutkan bahwa Volta akan segera membuka pabrik sepeda motor listrik pertamanya di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya