Menperin Bahas Vespa Canggih Buatan Indonesia

Menperin Agus Gumiwang menghadiri groundbreaking pabrik Vespa di Indonesia.
Sumber :
  • Dok: Kemenperin

VIVA – Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita baru saja menghadiri acara peletakan batu pertama pembangunan pabrik PT Piaggio Indonesia di Cikarang, Jawa Barat. Fasilitas produksi ini nantinya akan digunakan, untuk membuat sepeda motor Vespa.

Kapten Timnas U-23 Rizky Ridho Ternyata Anak Vespa, Tunggangi Primavera

Menperin mengaku, ekspansi yang dilakukan oleh PID merupakan lompatan jauh dari perusahaan pemegang merek sepeda motor ikonik asal Italia tersebut. Upaya ini juga bisa memberikan kontribusi positif bagi pengembangan industri otomotif nasional.

“Sepeda motor merupakan salah satu moda transportasi yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia, sehingga potensi industri otomotif untuk mengisi pasar kendaraan bermotor masih sangat besar,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Rabu 10 November 2021.

Mansory Sulap Vespa Elettrica Menjadi Skuter Mewah

Groundbreaking pabrik Piaggio Indonesia.

Photo :
  • Dok: Kemenperin

Menperin menjelaskan, pemerintah akan terus mengawal investasi ini supaya bisa mewujudkan keuntungan baik untuk perusahaan, pemerintah maupun masyarakat Indonesia. Ia berpesan, agar PID dapat melibatkan sebanyak-banyaknya industri komponen skala kecil dan menengah untuk menjadi bagian dari rantai pasoknya.

Vespa World Days 2024 Siap Menyapa Penggemar dari Seluruh Dunia

“Kami juga mendorong agar Piaggio dapat melakukan pengembangan teknologi elektrifikasi sepeda motor, serta menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan hub ekspor sepeda motor ikonik Italia dari Indonesia ke dunia,” tuturnya.

Bikin 10 Ribu Unit Vespa per Tahun

Data dari Kementerian Perindustrian menunjukkan, potensi industri sepeda motor nasional saat ini berjumlah 26 perusahaan industri dengan total nilai investasi mencapai Rp10,05 triliun. Kapasitas produksi secara keseluruhan sebesar 9,53 juta unit per tahun, dan melibatkan lebih dari 1,5 juta pekerja.

“Sepeda motor produksi dalam negeri saat ini telah mampu menembus pasar ekspor ke berbagai negara di kawasan Asia, Eropa Barat dan Amerika Latin,” ungkapnya.

Sebagai informasi, pabrik baru tersebut berdiri di atas laham seluas enam hektare, dan direncanakan mampu memproduksi motor Vespa dengan kapasitas 10.000 unit per tahun.

“Diharapkan, fasilitas baru ini dapat memperkuat citra Piaggio di Indonesia sekaligus menciptakan nilai tambah industri dalam negeri. Sepeda motor yang dirakit di pabrik ini dijadwalkan bisa meluncur pada akhir 2022,” kata Menperin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya