Barang Paling Mahal yang Digunakan Jokowi di Sirkuit Mandalika

Presiden Jokowi saat menjajal sirkuit Mandalika
Sumber :
  • Antara

VIVA – Presiden Joko Widodo akhirnya meresmikan Sirkuit Mandalika d Nusa Tenggara Barat, Jumat 12 November 2021. Jokowi juga mencoba langsung aspal yang akan digunakan menjadi arena balap kelas internasional tersebut.

Sukses Gelar MotoGP, Sirkuit Mandalika Jadi Magnet Pariwisata Olahraga

"Sirkuit Mandalika dengan panjang sirkuit 4,3 kilometer, dengan teknologi aspal terbaru, stone mastic asphalt (SMA), juga telah selesai dibangun dan siap untuk digunakan semuanya,” ujar Jokowi dalam kata sambutannya.

Lebih lanjut mantan Gubernur DKI itu menyebut, sirkuit siap digunakan untuk mendukung penyelenggaraan event-event kelas dunia di Kawasan Mandalika. Seperti World Superbike atau WSBK hingga MotoGP.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

“Yang sebentar lagi akan diselenggarakan yaitu World Superbike 2021, dan dilanjutkan nantinya di bulan Maret 2022 dengan MotoGP,” tuturnya.

Berdasarkan foto-foto dari Biro Pers Sekretariat Presiden, Jokowi menggunakan motor kustom W175 garapan Katros Garage saat mencoba Sirkuit Mandalika. Terlihat outfitnya tidak terlalu resmi seperti halnya pembalap yang menggunakan wearpack di dalam sirkuit.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Mengutip informasi dari masing-masing brand, ternyata barang-barang yang melekat di badan Jokowi semunya buatan lokal. Sehingga lebih terjangkau jika dibandingkan merek luar negeri yang kerap digunakan pengguna motor.

Salah satunya helm hitam dengan model half face atau setengah wajah lansiran RSV. Pelindung kepala buatan Bandung, Jawa Barat itu dipilih Jokowi saat menunggangi motor kesayangannya di Sirkuit Mandalika, kemarin.

Orang nomor satu di Indonesia itu menggunakan RSV tipe SV300 yang harganya Rp650 ribu berdasarkan situs resminya. Terdapat lima warna, dilengkapi double visor sehingga saat berkendara di siang hari tidak silau dari cahaya matahari.

Yang paling mahal adalah jaket lansiran rabbit and wheels, meski buatan lokal namun harganya mencapai Rp1,465 juta mengutip dari beberapa sumber. Kemudian sneakers yang digunakan buatan Bandung, yakni NAH Project.

Sepatu dari tanah sunda itu adalah tipe YAS FlexKnit 3.0 Carbon Black yang harganya Rp644 ribu berdasarkan platform jual beli online. Tidak diketahui sarung tangan, dan celana panjang yang digunakan Jokowi.

Namun jika ditotal dari outfit tersebut yang meliputi helm, jaket, dan sepatu artinya tidak terlalu mahal untuk seorang pemimpin negara. Meski ada beberapa hal yang tidak sebanding lurus dengan panduan safety riding.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya