Motor Rancangan Startup Lokal Hadir di GIIAS 2021

Motor listrik Atom Alpha buatan Quest Motor di GIIAS 2021.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2021 yang diadakan di ICE BSD, Tangerang dipenuhi dengan kendaraan berteknologi canggih. Wujudnya tidak hanya mobil, namun juga sepeda motor.

Vespa World Days 2024 Siap Menyapa Penggemar dari Seluruh Dunia

Salah satunya seperti yang dipajang oleh Quest Motors, yang diberi nama Atom Alpha dan merupakan karya anak bangsa. Kendaraan ini memiliki ukuran yang mungil, dan desain minimalis.

Konsep yang diusung yakni perpaduan dari desain menarik, sederhana namun tetap fungsional, sehingga dapat‌ ‌digunakan‌ ‌sebagai pelengkap ‌gaya‌ ‌hidup,‌ ‌maupun berkendara sehari-hari‌. Ukurannya yang kecil, mirip dengan mainan masa kecil.

2 Motor Adu Banteng di Kembangan Jakbar, 1 Orang Tewas

Motor listrik Atom Alpha buatan Quest Motor di GIIAS 2021.

Photo :
  • Istimewa

“Seluruh‌ ‌desain‌ ‌dan‌ ‌riset serta pengembangan dilakukan di Indonesia. Sebelum‌ diluncurkan,‌ ‌Atom‌ ‌Alpha‌ ‌telah‌ ‌melalui‌ ‌pengetesan‌ ‌di‌ ‌berbagai‌ ‌jenis‌ ‌jalan‌‌ serta‌ ‌kondisi.,” ujar pendiri Quest Motors, ‌Niko‌ ‌Questera‌ melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Selasa 16 November 2021.

Warganet Syok Lihat Cara Pengendara Motor Ini Bonceng Anak

Sumber‌ ‌penggerak‌ ‌Atom‌ ‌Alpha‌ ‌adalah‌ ‌dinamo dengan kekuatan 1 Kilo Watt, atau setara 1,3 daya kuda.‌ ‌Mesin ini sekaligus berfungsi sebagai pelek dan rumah dari rem tromol. Sementara, roda depannya disematkan rem cakram dan ban 10 inci.

Sumber listriknya berasal dari baterai, yang dibuat sendiri oleh mereka di Bandung, Jawa Barat. Pengendalian arusnya memakai battery management system atau BMS, sehingga efektif dan tetap aman.

Motor listrik ini juga disematkan teknologi internet of things atau IoT, sehingga bisa terhubung ke ponsel pemilik untuk memantau kondisi unit. Sistem perangkat lunaknya juga dapat diperbarui melalui jaringan internet.

Atom‌ ‌Alpha‌ ‌ditawarkan‌ ‌dalam‌ ‌tiga‌ ‌model‌. pertama Lite dengan jarak yempuh 8 kilometer.‌ ‌Model‌ ‌ini‌ ‌dilengkapi‌ ‌dengan‌ ‌charger berdaya‌ ‌110‌ ‌W‌att, ‌yang‌ ‌mampu‌ ‌mengisi‌ ‌baterai‌ ‌motor‌ ‌dari‌ ‌kosong‌ ‌hingga‌ ‌penuh‌ ‌dalam‌ ‌waktu‌‌
dua jam.

Lalu ada ‌Play yang memiliki‌ ‌jarak‌ ‌tempuh‌ ‌yang‌ ‌lebih‌ ‌jauh‌, ‌yaitu‌ ‌16‌ ‌km.‌ ‌Waktu pengisian baterainya adalah ‌2,5‌ ‌jam. Terakhir Pro, dengan jarak yempuh 24 km dan 3,5 jam pengisian daya.

"Atom‌ ‌Alpha‌ ‌sudah‌ ‌bisa‌ ‌dipesan‌ ‌dengan‌ ‌harga‌ ‌mulai‌ ‌dari‌ ‌Rp‌12,9‌ ‌juta‌ ‌untuk‌‌ versi‌ ‌Lite,‌ ‌Rp‌14,9‌ ‌juta‌ ‌untuk‌ ‌Play‌ ‌dan‌ ‌Pro Rp‌16,9‌ ‌juta‌.‌ ‌Harga‌ ‌sudah‌ termasuk‌ ‌garansi‌ ‌rangka ‌selama‌ ‌tiga ‌tahun‌, ‌serta‌ ‌elektronik‌ ‌selama‌ ‌satu tahun,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya