Yamaha Rilis R6 Terbaru, Sayang Cuma Bisa Dipakai di Sirkuit

Yamaha R6 Race 2022
Sumber :
  • Yamaha Europe

VIVA – Yamaha baru saja merilis Yamaha R6 2020 untuk pasar Eropa, yakni Yamaha R6 Race dan R6 GYTR. Sayangnya, dua motor sport ini khusus untuk balapan di sirkuit, jadi tak bisa dipakai di jalan raya.

Yamaha Meluncurkan Motor Listrik yang Canggih

Pabrikan asal Jepang ini pada 2021, memutuskan untuk menghentikan produksi R6 karena tidak bisa memenuhi emisi gas buang Euro5. Maka itu, Yamaha memilih mengeluarkan model baru, yaitu Yamaha YZF-R7.

Tapi kini, Yamaha Eropa meluncurkan dua varian R6 khusus untuk balap. R6 Race dan R6 GYTR sangat mirip modelnya dengan yang versi jalan raya, tapi bedanya tak ada lampu, spion, dan tempat pelat nomor.

Yamaha MX King dengan Ubahan Baru Harganya Rp24 Jutaan

Dapur pacunya, menawarkan spek balap bermesin empat silinder berkapasitas 559cc. Dengan pembaruan menggunakan piston, klep titanium, dan kompresi rasio yang naik menjadi 13.1:1.

Tampilan Baru Yamaha Gear 125 Harganya Rp17 Jutaan

Dengan mesin tersebut sanggup memuntahkan tenaga 117 dk di 14.500 rpm dengan torsi 61,7 Nm di 10.500 rpm. Kedua motor juga sudah dibekali fitur Yamaha YCC-I variable intake system dan electronic throttle control system (YCC-T).

Bagian transmisi manual 6 percepatan ini sudah diperbarui dengan rasio lebih pendek dan sudah dilengkapi anti-slip, memudahkan pengendara saat menikung. Lalu, terdapat quick shifting system (QSS) up & down.

Yamaha R6 GYTR 2022

Photo :
  • Yamaha Europe

Beralih ke kaki-kaki, suspensi depan dari KYB ukuran 43 mm yang mirip dengan miliki YZF-R1 dan suspensi belakang monoshock KYB yang dapat diatur. Rem dual cakram depan berukuran 320 mm dengan kaliper radial empat piston.

Untuk Yamaha R6 GYTR merupakan varian yang lebih lengkap. Seperti ada ECU SuperStock, dan paket system pembuangan full system dari Akrapovic spesial GYTR edition.

Tak cuma itu, varian Yamaha R6 GYTR bagian jok belakang dapat diatur dengan jok spek balap. Terakhir soal harga belum ada keterangan resmi, tapi YZF-R6 GYTR Edition dibanderol sekitar USD18.399 atau setara Rp262 jutaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya