Suara Mesin Motor Matik Terdengar Kasar, Ini Cara Menghaluskannya

Transmisi CVT pada skuter matik
Sumber :
  • Planet Ban

VIVA –  Ketika mengendarai motor matik, terkadang ada yang suara mesinnya terdengar kasar. Keadaan semacam ini tentu akan sangat mengganggu, bahkan mempengaruhi performa motor itu sendiri.

Ganti Oli Sepeda Motor Matik Bisa Dapat Kejutan

Ada beberapa penyebab, suara motor matik jadi kasar. Seperti roller yang tak sempurna, atau tak berbentuk bulat lagi. Penyebab kedua yang bisa membuat mesin motor matic terdengar kasar yaitu sering menggunakan gas secara berlebihan.

Gearbox telah haus, hingga plastik slider yang menutup roller. Kampas kopling yang keadaannya telah menipis bisa menjadi penyebab, lalu bagaimana cara untuk menghaluskannya?

Motor Matik Baru Harga Rp24 Jutaan Hadir di Jawa Timur

Berikut caranya seperti dilansir dari Suzuki Indonesia.

1. Cari Baut yang Mengendur dan Kencangkan

Daftar Sepeda Motor Baru Harga di Bawah Rp20 Juta

Langkah pertama yaitu mencari di mana saja baut yang mengendur dan segera kencangkan. Baut bisa saja mengendur karena terkena getaran saat motor digunakan. Apalagi ketika motor bersuara kasar, pasti getaran yang ditimbulkan juga semakin keras.

2. Cek dan Ganti Roller dengan yang Baru

Pengecekan rutin pada roller juga perlu dilakukan. Apabila Anda mendapati kondisi roller sudah tidak bulat, segera ganti dengan yang baru. Jangan menunda dan acuh dengan permasalahan ini, mengingat roller memiliki fungsi yang sangat penting pada motor.

3. Ganti dan Tambah Oli Secara Rutin

Apabila oli terlihat kotor, segera ganti dengan yang baru. Namun, apabila oli masih bagus namun volumenya kurang, maka segera tambah jumlahnya. Oli merupakan komponen terpenting pada kendaraan karena berguna sebagai pelumas mesin.

4. Gunakan Bahan Bakar yang Bagus dan Sesuai

Penggunaan bahan bakar yang berkualitas bagus dan sesuai sangat dianjurkan agar mesin motor terdengar lebih halus. Pasalnya, motor yang menggunakan bensin dengan kualitas rendah akan mengakibatkan proses pembakaran tidak sempurna.

5. Merawat CVT Secara Rutin

Sebagaimana yang telah diketahui, CVT yang bermasalah juga menjadi penyebab motor terdengar kasar. Oleh karena itu, perawatan rutin pada CVT harus dilakukan. Apabila CVT terlihat kotor, maka Anda harus segera membersihkannya.

6. Gunakan Motor dengan Baik dan Benar

Kendaraan yang digunakan dengan tidak baik, tentu akan membuatnya cepat rusak. Termasuk juga pada motor yang suaranya kasar.Untuk menghaluskan suaranya, jangan lagi terlalu sering mengegasnya secara berlebihan.

Jangan sampai motor matic digunakan untuk balapan karena mesinnya tidak dirancang untuk kegiatan tersebut. Bersikap bijak merupakan hal yang perlu dilakukan jika ingin motor Anda lebih awet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya