Pakai Yamaha YZF R6 di Mandalika Galang Hendra Kecipratan Oli

Pakai Yamaha YZF R6 Galang Hendra di Mandalika
Sumber :

VIVA – Galang Hendra menjadi satu-satunya pembalap Indonesia yang bertarung di ajang World Supersport (WorldSSP) di Sirkuit Mandalika, dengan menggeber motor Yamaha YZF R6.

Sukses Gelar MotoGP, Sirkuit Mandalika Jadi Magnet Pariwisata Olahraga

Motor yang digunakan oleh Galang Hendra merupakan motor Yamaha YZF R6 yang diproduksi secara massal, hanya karena untuk kepentingan balap sehingga ada beberapa ubahan yang disesuaikan untuk keperluan balap.

Ubahan tersebut seperti settingan dan beberapa spare part pada bagian mesin, pengereman dan suspensi, cover bodi juga disesuaikan agar aerodinamis, dan beberapa perangkat dilepas seperti spion, standar samping.

MS Glow For Men Racing Team Tampil Memukau di Mandalika Racing Series 2024

Nah punya kesempatan balapan di Sirkuit Mandalika, pembalap asal Yogyakarta ini mengaku sangat senang. Apalagi walaupun finish di urutan ke 13, tapi Galang Hendra mampu meraih poin pada race kedua.

Yamaha YZF R6 Galang Hendra di Mandalika

Photo :
Adu Banyak Penonton MotoGP 2023, Indonesia di Urutan Berapa?

Galang Hendra Pratama kurang beruntung dalam perjalanan race pertama, dia tidak dapat menyelesaikan balapan karena mengalami technical problem pada motor pacuannya YZF-R6. 

Bahkan masalah ini dirasakan pembalap binaan Yamaha Racing Indonesia, sejak memutuskan untuk masuk mengganti ke intermediate dikarenakan kondisi hujan yang sangat deras, sehingga tidak dapat tampil optimal. Dia hanya berjuang hingga lap ke-9 saja saat berada di posisi ke-19.

Sedangkan di race 2, Galang Hendra Pratama dapat memperbaiki penampilannya. Memulai balapan dari starting grid ke-17, dia finish ke-13 yang memberikannya 3 poin.

Dia tampil all-out sejak lap-lap awal, bahkan di lap ke-12 mencatat best-time 1 menit 38,416 detik. Top speed dari motor YZF-R6 tunggangannya berada di urutan ke-11 dengan kecepatan puncak 249,4 km/jam.

Dari hasil ini, Galang Hendra Pratama mengumpulkan total 27 poin dan menempati peringkat ke-21 klasemen akhir World Supersport 2021. Secara keseluruhan ada 50 pembalap di klasemen WorldSSP. Pencapaian Galang Hendra Pratama di ajang ini pun patut diapresiasi.

“Kondisinya kembali sulit karena hujan mulai turun. Pembalap di depan saya mengalami masalah teknis dan membuat visor saya terkena oli. Kondisi itu makin menyulitkan, tapi saya senang dengan posisi ke-13 dan mendapatkan tambahan poin di race kedua,” ungkap Galang Hendra Pratama, dikutip VIVA Otomotif Kamis 25 November 2021.

Tampil di ajang WorldSSP dalam dua tahun terakhir memberikan banyak ilmu dan pengalaman bagi Galang Hendra Pratama. Apalagi di musim ini pembalap asal Yogyakarta itu dapat merasakan momen istimewa berkesempatan membalap di negeri sendiri. 

Berkiprah di salah satu ajang prestisius dunia itu juga menambah catatan penting dalam mendukung langkahnya agar semakin cemerlang di pentas balapan. Modal ini yang akan selalu dipegang Galang Hendra Pratama untuk tampil prima dan kian percaya diri dalam perjalanan karirnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya