Aspal Sirkuit Mandalika Kalahkan Sepang, Pembalap Keluhkan Ini

Sirkuit Mandalika
Sirkuit Mandalika
Sumber :

VIVA – Walaupun beberapa jadwal balapan World Superbike ada yang bergeser, karena hujan deras yang turun di area Sirkuit Mandalika, tapi Indonesia sukses menggelar ajang balapan kelas dunia di Lombok.

Apalagi kualitas sirkuit kebanggaan masyarakat Indonesia membuat para pembalap terkejut, beberapa pembalap merasakan disaat lintasan basah grip dari aspal Sirkuit Mandalika masih bisa menggigit.

Hal tersebut karena aspal yang digunakan oleh sirkuit Mandalika adalah model terbaru yakni Stone Mastic Asphalt (SMA), diklaim sebagai aspal terbaik di dunia, bahkan mengalahkan kualitas aspal dari sirkuit Sepang, Malaysia.

Aspal SMA merupakan bahan campuran aspal dan digunakan untuk melapisi permukaan atas aspal. Lapisan aspal ini diperuntukkan demi memperkuat struktur lapisan permukaan lintasan agar tetap kuat dengan prinsip kontak stone by stone untuk memperkuat struktur lapisan. Karena stone by stone sehingga volume aspalnya sedikit.

Tribun Mandalika.
Photo :
  • VIVA Otomotif.

Tribun Mandalika.

"Ini type aspal yang memiliki daya penetrasi tinggi atau Penetration Grade (PG) 82. Dan PG 82 ini baru keluar 2014-2015, sehingga tidak semua sirkuit di dunia menggunakan aspal ini," bilang Dwianto Eko Winaryo, Direktur Konstruksi dan Pengembangan MGPA, dikutip VIVA Otomotif Kamis 25 November 2021.

Lebih lanjut Dwianto Eko mengatakan, tidak semua sirkuit di dunia menggunakan aspal jenis ini. Karena produknya baru keluar 2015, yang sudah itu baru Silverstone, Dubai, dan Philip Iland. Sepang pun belum karena dibangun 2012 pada saat itu belum ada aspal seperti yang digunakan di Mandalika.