Yamaha R1 GYTR VR46 Motor Edisi Spesial yang Punya Spek Sangar

Yamaha R1 GYTR VR46
Sumber :

VIVA – Yamaha memberikan penghargaan bagi Valentino Rossi yang resmi pensiun pada tahun 2021 ini, dengan meluncurkan Yamaha R1 edisi spesial yang diberi nama Yamaha R1 GYTR VR46 Tribute.

Maverick Vinales Cetak Sejarah yang Tak Pernah Diraih Valentino Rossi, Ada Andil Suzuki

Saat ini Valentino Rossi yang telah berkarir selama 26 tahun, menjadi sosok paling menonjol dalam sejarah MotoGP. Valentino Rossi memegang gelar 9 kali juara dunia dari kelas 125 cc, 250 cc sampai kelas utama MotoGP.

Atas dasar tersebut Yamaha membangun R1 dengan livery khusus yang dibuat oleh Aldo Drudi, desainer helm sekaligus sahabat Valentino Rossi. Menurut Penyataan resmi dari Yamaha, dikutip VIVA Otomotif Jumat 26 November 2021, motor Yamaha R1 GYTR VR46 Tribute ini untuk pencapaiannya yang termasyur.

Valentino Rossi Gagal, Maverick Vinales Sukses

Motor spesial ini basisnya dari Yamaha YZF R1 yang diproduksi massal, hanya karena menggunakan GYTR alias Genuine Yamaha Technology Racing, membuat motor ini semakin spesial dan siap dipakai balap.

Spesifikasi pada Yamaha R1 GYTR VR46 ini merupakan hasil langsung dari pengembangan World Superbike Yamaha, yang berhasil meraih WorldSBK Triple Crown 2021. Sehingga motor ini menjadi Yamaha R1 GYTR dengan spesifikasi tertinggi yang pernah diproduksi, sebagai hadiah istimewa Valentino Rossi.

Yamaha R1 GYTR VR46 ini menggunakan fairing dari bahan carbon fibre. Selain itu, untuk bagian subframe-nya pun menggunakan bahan full carbon. Bagian lain yang berubah adalah tangkinya. Di R1 edisi spesial ini, Yamaha memasangkan tangki berkapasitas 22 Liter.

Yamaha R1 GYTR VR46

Photo :

Pada bagian kaki-kakinya juga disesuaikan untuk memanjakan Valentino Rossi ketika menggeber motor ini di sirkuit. Seperti sokbreker menggunakan Ohlins lengkap dengan side steering damper. 

Sementara pada bagian mesinnya Yamaha memasangkan ECU REX 140 Marelli dengan performa tinggi, lengkap dengan wire harness untuk menyeimbangkan tenaga dari ECU Spesial tersebut, sementara untuk knalpotnya mengandalkan dari Akrapovic.

Yamaha memberikan R1 GYTR VR46 Tribute ke Valentino Rossi pada ajang One More Lap di EICMA Motor Show 2021. Namun dalam keterangan resminya, Yamaha tidak mencantumkan informasi tentang penjualan motor edisi spesial ini secara umum.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya