Sering Disebut Anak Motor, Apa Sebenarnya Arti Ngabers?

Ilustrasi Ngabers.
Sumber :
  • Instagram.

VIVA – Sejak beberapa bulan terakhir, ada satu diksi baru yang kerap diucapkan anak-anak muda di tempat tongkrongan, yakni ngabers. Lantas, apa sebenarnya arti kata tersebut? Lalu, apa kaitannya dengan sepeda motor?

Pengemudi Sedan Tabrak 5 Orang di BSD, 1 Diantaranya Tewas di Tempat

Jika mencarinya di kamus besar bahasa Indonesia atau KBBI, kita pasti tak akan menemukan arti kata ngabers. Namun, bukan berarti ngabers hanya sekadar kata tanpa makna.

Melalui penelusuran VIVA Otomotif dari berbagai sumber, dikutip Minggu 28 November 2021, ngabers sendiri berasal dari kata ‘ngab’ atau kebalikan dari ‘bang’. Kata tersebut digunakan untuk memanggil orang yang lebih tua, seperti: mau pergi ke mana, bang/ngab?

Pesanan Honda Stylo 160 Membeludak

Nah, lama-lama, panggilan tersebut terdengar keren dan unik. Itulah mengapa, banyak anak tongkrongan yang akhirnya menyapa rekan-rekannya dengan panggilan ‘ngab’. Mereka-mereka ini yang kemudian disebut sebagai ngabers.

Namun, pertanyaannya satu, apa kaitannya ngabers dengan dunia roda dua?

2 Sepeda Motor Baru Honda Resmi Terdaftar di Indonesia

Ilustrasi Ngabers.

Photo :
  • Instagram.

Diketahui, akhir-akhir ini banyak kalangan muda yang memodifikasi kendaraannya dengan tampilan aneh dan terkesan ekstrem. Misalnya, bodi motor dibuat trondol, menggunakan knalpot grang-grung, spatbor belakang dipotong, hingga memasang spion bar end di tepian setang.

Sayangnya, hasil modifikasi yang aneh tersebut juga berbanding lurus dengan cara berkendaranya di jalan raya. Sebab, ada sebagian oknum yang terkesan ugal-ugalan saat memacu kendaraannya.

Bukan hanya itu, kelengkapan berkendara mereka pun bisa dibilang seadanya, tanpa memikirkan fungsi keamanan dan keselamatan di jalan raya. Nah, kebanyakan oknum milenial seperti ini yang akhirnya disebut ‘ngabers’ oleh para pehobi motor di Indonesia.

Meski sekadar labeling, namun kata tersebut sudah menjadi ucapan umum yang kerap diutarakan anak-anak muda yang menyukai dunia roda dua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya