Jadi Menteri Keuangan, Ternyata Sri Mulyani Cuma Punya Motor Honda

Menteri Keuangan Sri Mulyani di Kantor Presiden Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Kris.

VIVA – Sri Mulyani yang menjadi Menteri Keuangan Republik Indonesia menjadi sorotan, hal tersebut lantaran Pimpinan MPR meminta Presiden Jokowi untuk mencopot Menkeu. 

Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya

Karena pengelolaan APBN di bawah Menkeu dinilai tidak terlaksana dengan benar. Selan itu, karena anggaran MPR terus dipotong dan Sri Mulyani pun disebut tak hadir rapat bersama MPR.

Selain itu, menjadi seorang Menkeu kegiatannya sangat padat. Bahkan ketika masa work from home dilakukan ketika penyebaran virus corona menggila, sebagai Menteri Keuangan mengaku bahwa selama bekerja di rumah membuatnya lebih sibuk dari kondisi normal.

Daftar Sepeda Motor yang Cocok Diisi BBM Pertalite

Pasalnya walaupun dilakukan di rumah secara online, kegiatannya bisa menguras pikiran. Karena bisa menghabiskan waktu satu hari penuh, untuk meghadiri rapat virtual dan menyiapkan bahan pembicaraan.

“Jam kerjanya lebih dari kerja normal karena WFH artinya 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Enggak ada bedanya home sama work, jadi kerja luar biasa panjang, enggak ada jedanya,” ujarnya

Mengintip Isi Garasi Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih Prabowo-Gibran

Di balik dari kerja kerasnya, ada hal yang menarik jika mengulik soal kendaraan yang dimiliki. Menurut data yang dikantongi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), laporan harta kekayaan Sri Mulyani pada 2020 nilainya mencapai Rp53.314.459.737.

Dari harta kekayaannya tersebut, ternyata Sri Mulyani tidak memiliki mobil karena dari data LHKPN Sri hanya memiliki satu unit Honda Rebel CMX500 tahun 2019, yang kisaran harganya sekitar Rp145 juta.

Honda Rebel 250

Photo :
  • Honda

Seperti diketahui, Honda Rebel menggendong mesin 471cc 8-valve, liquid-cooled parallel twin-cylinder yang diambil dari mesin Honda CBR500R yang sporti. Untuk menghadirkan kemampuan jelajah, telah dilakukan perubahan settingan sistem PGM-FI yang menghasilkan karakter berbeda.  

Performa rpm tinggi pada CBR berubah menjadi output torsi bottom-end yang padat dengan penyaluran halus dan linear di seluruh rentang putaran. Model ini memiliki torsi maksimum 43,6Nm @ 5.500 rpm dan tenaga puncak 33,5 kW @ 8.500rpm. 

Honda Rebel semakin nyaman dan aman dengan dilengkapi dengan fitur assist/slipper clutch yang mempermudah dan memperhalus perpindahan gigi. Power unit yang disematkan akan menghasilkan keseimbangan yang baik antara ukuran fisik dan output yang fleksibel. 

Motor ini memiliki bak oli berkapasitas 2,5L. Gear box enam-kecepatannya dirancang mudah untuk dinaikkan dan diturunkan, terutama di perkotaan. Untuk mendukung tampilan low-rider, rangka tubular Honda Rebel yang menopang mesin pada tiga titik dirancang seramping mungkin di area kaki pengendara. 

Panjang trail diset pada 110mm dengan 28° rake; garpu offset suspensi dengan sudut 30° dikombinasikan dengan jarak sumbu roda 1490mm, menghasilkan ketinggian 690mm jok rendah dan pijakan kaki tengah, untuk keseimbangan kemudi. 

Rangka termasuk loop belakang inovatif yang memisahkan jok dari spatbor logam bertekstur; aluminium cor subframe bolt-on memberikan ruang lingkup lebih lanjut untuk kustomisasi.  Honda Rebel hadir dengan 3 warna pilihan yakni Matte Axis Gray Metallic, Matte Pearl Summit White dan Pearl Spencer Blue.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya