Versi Baru Becak Siantar Mengaspal, Ini Spek Lengkapnya

BSA Gold Star 650
BSA Gold Star 650
Sumber :
  • Motorcyclenews

VIVA – Becak bermotor masih menjadi transportasi andalan di beberapa wilayah Indonesia, salah satunya yakni di Pematangsiantar, Sumatera Utara. Kontur naik turun membuat kendaraan tersebut tidak bisa dioperasikan hanya mengandalkan tenaga manusia saja.

Ada yang unik dari becak Siantar, yakni motor yang digunakan umumnya dari merek Birmingham Small Arms atau lebih dikenal dengan sebutan BSA. Nama itu merupakan perusahaan, yang dahulu pernah menjadi andalan di masa perang.

BSA awalnya bergerak dalam bidang penyedia alat-alat perang, dan bermarkas di Inggris. Saat Perang Dunia ke-2, mereka mendapat pesanan motor dalam jumlah banyak untuk dipakai oleh tentara sekutu.

Sebagian dari unit tersebut dibawa ke Indonesia, dan setelah perang selesai kuda besi tersebut dimanfaatkan sebagai becak. Ada juga yang kemudian berpindah tangan ke kolektor, karena nilai sejarahnya yang sangat tinggi.

BSA Gold Star 650

BSA Gold Star 650

Photo :
  • Motorcyclenews

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Rushlane, Senin 6 Desember 2021, BSA yang sempat bangkrut dan berhenti beroperasi kini kembali dihidupkan oleh Mahindra. Mereka baru saja meluncurkan motor edisi perdana, yakni BSA Gold Star 650 di Inggris.

Tampilannya mirip dengan motor retro dari merek lain, mulai dari tangki panjang hingga jok rata. Namun, yang paling spesial ada di bagian mesin.