Yamaha R1 Edisi Toprak Razgatlioglu Cuma Ada 21 Unit di Dunia

Yamaha R1 Toprak
Sumber :

VIVA – Yamaha secara resmi meluncurkan motor istimewa di segmen superbike, dengan memperkenalkan Yamaha R1 edisi Toprak Razgatlioglu. Motor ini menjadi perayaan kemenangan Yamaha di ajang World Superbike musim 2021.

Toprak Rayakan Podium Ke-100 Sepanjang Kariernya di WSBK

Motor ini sangat spesial karena hanya dibuat 21 unit di seluruh dunia, sebagai pertanda musim 2021 yang sangat bersejarah. Karena selain Toprak jadi juara dunia, Yamaha berhasil buka puasa gelar sejak kali terakhir mereka raih pada 2009, dan mendapat gelar 'Triple Crown' di musim WSBK 2021.

Putaran Kelima WSBK Siap Bergulir di Misano

Pemilik motor edisi spesial ini tentu saja akan mendapat livery khusus yang dipakai oleh Toprak saat berlaga di kejuaraan WSBK. Beberapa logo sponsor juga terbenam dalam motor yang kental dengan warna biru ini.

Tak hanya itu, mesinnya pun tidak seperti Yamaha R1 standar, karena Yamaha Motor Europe, Crescent Yamaha, Pata Yamaha dan tim Brixx World Superbike ikut andil dalam menyematkan settingan balap, sehingga Yamaha R1 edisi spesial ini lebih bertenaga.

Toprak Razgatlioglu Resmi Pindah Tim di WSBK 2024

Settingan mesin dipercayakan kepada Crescent Racing Pro Shop, tim yang sudah menjalankan proyek resmi Yamaha di WSBK selama 6 tahun terakhir. Replika motor R1 dari Toprak ini naik 20 tenaga kuda dari versi standar, atau tepatnya mesin ini bisa menghasilkan 205 tenaga kuda.

Performa itu ditunjang dengan knalpot WSBK spek lansiran Akrapovic. Sedangkan Electronic Control Unit (ECU)-nya menggunakan GYTR (Genuine Yamaha Technology Racing) edisi terbaru.

Menariknya, bobot dari Yamaha R1 ini bahkan lebih ringan 26 kg dari versi standar. Siap diajak di track balap, Yamaha R1 ini bobotnya di bawah 175 kg. Beberapa part lain yang menonjol di antaranya, rem balap lansiran Brembo serta penggunaan velg Marchesini, serta suspensi yang mengandalkan Ohlins.

Setiap 21 unit nantinya akan mendapat emblem dan tanda tangan teknisi juga pembalap sebagai identitas. Selain itu, akan ada juga sertifikat edisi terbatas yang terdapat tanda tangan Toprak dan tim prinsipal Paul Denning. 

Spesialnya lagi pemilik juga dapat keistimewaan di WSBK 2022, yakni maksimal dua orang masuk di Hospitality VIP, kunjungan ke pit box dan berkesempatan untuk ngobrol langsung dengan Toprak. Yamaha R1 edisi Toprak ini dijual £33,000 + VAT atau sekitar Rp 631 jutaan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya