Begini Wujud Motor Listrik Ducati untuk Balapan

Motor Listrik Ducati V21L
Sumber :

VIVA – Ducati dengan bangga memperkenalkan prototipe motor listrik Ducati V21L, motor ini nantinya akan digunakan untuk balapan MotoE, yang jadwalnya berbarengan dengan MotoGP.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Ducati telah resmi menggantikan Energica sebagai pemasok sepeda motor listrik tunggal, untuk ajang balapan motor listrik bernama MotoE.

CEO Ducati, Claudio Domenicali menjelaskan bahwa motor listrik ini akan digunakan di trek pada tahun 2023 mendatang. Pihak Ducati menggunakan jasa Michele Pirro, untuk melakukan test sebelum melakukan debutnya.

Catat, Ini Daftar Bengkel yang Terima Konversi Motor Listrik Gratis

“Menguji prototipe MotoE di sirkuit sangat menyenangkan, karena menandai awal dari babak penting dalam sejarah Ducati,” kata Pirro, dikutip VIVA Otomotif dari Crash, Rabu 22 Desember 2021.

Logo Ducati. Foto: Ducati.

Photo :
  • Ducati.
Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

Lebih lanjut Pirro menjelaskan bahwa Ducati V21L ini ringan, dan sudah memiliki keseimbangan yang baik. Selanjutnya, koneksi throttle pada fase pembukaan pertama dan ergonominya sangat mirip dengan motor MotoGP.

Bahkan diakui oleh Michele Pirro, pada sesi tes motor balap baru Ducati bertenaga listrik, sengaja dibatasi kemampuan motornya hanya 70% dari kemampuan sebenarnya.

Prototipe motor listrik yang diberi kode V21L adalah hasil kerja bersama yang dilakukan oleh para insinyur Ducati Corse dan R&D Ducati, yang dipimpin oleh Roberto Cane selaku Direktur eMobility.

"Kami mengalami momen yang benar-benar luar biasa. Saya merasa sulit untuk percaya bahwa ini adalah kenyataan dan bukan mimpi. Ducati listrik pertama di trek luar biasa apalagi saat proses membuat motor ini banyak tantangannya, apalagi dalam rentang waktu yang sangat singkat," bilang Cane.

Secara tampilan motor balap listrik DUcati V21L mirip dengan motor MotoGP Ducati Desmosedici GP. Mungkin bedanya tidak ada aerofairing, aerobodi serta salad box di bagian belakang plus juga tidak ada knalpot lazimnya motor MotoGP.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya