Kolaborasi dengan China, Piaggio Ciptakan Mesin Baru 150cc

Mesin Piaggio 150cc
Sumber :

VIVA – Pabrik motor asal Italia yakni Piaggio akhirnya berkolaborasi dengan perusahaan motor China yakni Zongshen, untuk mengembangkan mesin motor di bawah 200cc.

Adik Via Vallen Dilaporkan ke Polisi terkait Dugaan Penggelapan Sepeda Motor

Seperti dikutip dari Rideapart, induk perusahaan dari Vespa, Moto Guzzi dan Aprilia ini mengembangkan mesin skuter berkapasitas kecil. Nantinya mesin tersebut akan digunakan pada model baru untuk dipasarkan ke Asia dan Eropa.

Konon kelak motor tersebut akan diberi nama G150S, yang tampilannya akan tetap bernuansa eropa dengan bodi gambot, sehingga jika masuk ke Indonesia akan bertarung dengan Yamaha NMAX dan Honda PCX 155.

Viral Motor Matik Diisi Minyak Kayu Putih Campur Bensin, Ini Kata Pakar

Apalagi Asia, khususnya di Asia Tenggara, skuter kecil adalah urat nadi perekonomian. Sebagian besar skuter dengan kapasitas 150cc ke bawah bertugas menjaga kehidupan dan perekonomian berjalan dengan lancar. 

Jumlahnya sangat banyak dan tentunya hal ini sangat membuat banyak brand sepeda motor di luar brand Jepang sangat tertarik. Untuk ikut bertarung di pasar skuter ber-cc kecil ini, termasuk salah satunya Piaggio.

Moeldoko Ungkap Penyebab Subsidi Motor Listrik Kurang Laku, Anak Muda Tak Suka Motor Pelan

Mesin baru ini sanggup memompa 15 tenaga kuda, sementara torsi dipatok sekitar 11 ft-lbs. Mesin baru ini memiliki fitur injeksi bahan bakar elektronik dan pendingin cairan.

Adapun beberapa fitur yang nantinya akan disematkan pada mesin baru tersebut juga sudah mengusung teknologi terkini. Dengan kata lain, mesin baru yang akan dihadirkan ini bisa bersaing di antara para rivalnya.

Beberapa fitur tersebut antara lain adalah keyless ignition, silent starter, serta fitur idling stop system yang mana mesin tersebut akan berhenti beroperasi saat lalu lintas padat atau pada saat lampu merah.

Informasi lainnya, mesin yang dikembangkan bersama ini kabarnya akan diluncurkan bersamaan model baru yang akan dilakukan pada tahun 2022 mendatang, dan dikembangkan di berbagai platform.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya