Harga dan Spek Motor Hadiah Kapolda Metro Jaya untuk Mario Aji

Honda NSF250R.
Sumber :
  • Dok: Asia Talent Cup

VIVA – Irjen Pol Fadil Imran, Kapolda Metro Jaya memberikan motor balap kepada Mario Aji, nantinya motor tersebut akan dipakai untuk latihan di Sirkuit Mandalika.

Irjen Karyoto Ungkap Buka on The Road Jadi Modus Baru Tawuran di Bulan Puasa

Motor tersebut adalah Honda NSF250R, yang menggunakan basis mesin yang sama, dengan motor yang dipakai balapan di arena Moto3. Hal ini terungkap pada unggahan di akun Instagram resmi Kapolda Metro Jaya, yang diunggah pada 32 Desember 2021.

Dalam video yang unggahannya, Kapolda Metro Jaya mengungkapkan bahwa dirinya sedang bersilaturahmi dengan pembalap Moto3 di musim MotoGP 2022 itu.

Kapolres Jakarta Timur Wanti-wanti Ormas Tak Minta THR ke Pihak Lain, Diancam Pidana

Pembalap muda Indonesia, Mario Suryo Aji naik podium di Red Bull Rookies Cup

Photo :
  • instagram/mariosuryoaj1

"Di sela liburan musim, Mario bercerita kepada saya bahwa ia ingin berlatih di Sirkuit Mandalika ," ungkap Irjen Pol Fadil Imran, Kapolda Metro Jaya dikutip VIVA Otomotif, Kamis 6 Januari 2022.

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto Awasi Ormas Minta Paksa Jatah THR, Janji Tindak Tegas

Lebih lanjut, Fadil menambahkan dirinya memberikan hadiah sebuah motor yang nantinya akan dipakai Mario untuk berlatih.

"Semoga motor ini bisa menjadi penyemangat Mario, dan kelak Mario dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional melalui karirnya sebagai pembalap," tambah Fadil.

Honda NSF250F ini dibekali mesin DOHC, 4-tak, satu silinder, berpendingin cairan, dan berkapasitas 249,3 cc. Mesin itu dapat memuntahkan tenaga maksimal 47,6 hp di 13.000 rpm dan torsi 28 Nm di 10.500 rpm. 

Sementara bagian kaki-kaki, Honda NSF250R dibekali suspensi upside down di depan dan monoshock di belakang. Untuk pelek, HRC menggunakan model racing yang yang berukuran 2,50 inchi pada bagian depan, dan 3.50 inchi pada bagian belakang, kemudian dibalut ban 90/58-17 di depan dan belakang 120/60-17.

NSF250R sebenarnya merupakan hasil pengembangan dari RS125, yang menggunakan mesin 2-tak. Saat era 4-tak mengambil alih, lahirlah NSF250R ini. 

Bagian rangka dan swingarm dikonfigurasi ulang untuk menyesuaikan karakter mesin 4-tak. Berat kosong motor ini hanya 84 kg, berkat penggunaan material yang ringan, seperti aluminium, titanium, dan lainnya. Sehingga, power-to-weight ratio motor ini sangat baik.  

Nah soal harga, seperti dikutip VIVA Otomotif dari Speedweek, Honda NSF250R dijual dengan harga 12 ribu Euro atau Rp.186 juta untuk motor yang dibangun tahun 2017. Sedangkan untuk tahun konstruksi 2018 dilego dengan nilai 13.000 euro atau Rp202 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya