Gak Mudah untuk Sultan Dapatkan Motor Seharga Rp1 Miliaran Ini

Arc Vector, Motor Listrik
Sumber :
  • Greatbiker

VIVA – Kendaraan bertenaga listrik menjadi solusi di dunia untuk menekan polusi udara yang dihasilkan dari mesin pembakaran. Berbagai pabrikan menciptakan produk ramah lingkungan itu dengan spesifikasi berbeda-beda.

Aksi Pemudik Angkut Dua Motor dengan Satu Mobil Bikin Warganet Heran

Yang cukup identik dengan motor pelahap seterum adalah bentuknya menyerupai kendaraan masa depan di film animasi. Seperti produk buatan Arc Vehicle yang diberinama Vector dengan mengusung desain futuristis.

Arc Vector pertama kali hadir di pameran EICMA Motorcyle Show, Milan Italia 2018. Dilansir VIVA Otomotif dari Greatbiker dan Electra, Kamis 6 Januari 2022, meski sudah diperkenalkan ke publik namun keran pemesannya baru dibuka pada 2019.

Video Aksi Heroik Pengendara Motor dengan Berani Adang Mobil Lawan Arah

Arc Vector, Motor Listrik

Photo :
  • Greatbiker

Memasuki awal 2022, motor listrik asal negeri Ratu Elizabeth itu akhirnya akan dikirim ke konsumen yang sudah melakukan pemesanan. Waktu inden yang cukup lama untuk mendapatkan kendaraan tanpa bahan bakar tersebut.

Honda PCX dan Yamaha Nmax Dapat Saingan Baru

“Kami memiliki beberapa pemesanan, dan kami sedang uji coba dengan tim untuk menyesuaikan sesuai karakter pelanggan. Jadi pengiriman kami memakan waktu yang sedikit lebih lama, tapi kami yakin sebelum akhir 2022,” ujar Chief Executive Operating Arc Vehicle, Mark Truman.

Arc Vehicle membuat motor listrik tersebut dengan menggabungkan unsur klasik dengan menekankan bentuk café racer namun yang terlahir di masa depan. Sehingga desainnya secara keseluruhan seperti motor di film-film fiksi.

Memanfaatkan sasis monokok, dengan posisi setang yang dibuat sejajar dengan tangki. Sehingga pengendara seperti memeluk motor saat menungganginya. Dirancang untuk satu orang dengan jok tunggal yang mengekerucut.

Bagian paling unik ada di sektor kaki-kaki, tidak ada suspensi model teleskopik atau upside down pada bagian depan, begitu juga segitiga atau garpu. Roda depan bertumpu pada komponen yang berbentuk swing arm terbalik. Sementara, peredam kejutnya dibuat simetris horizontal yang menyatu dengan swing arm dan sasis tengah.

Arc Vector dipersenjatai baterai berdaya 16,8 kWh, cukup besar untuk motor pelahap seterum tidak heran jika ruang kosong di sasis tengah terisi penuh dengan baterai serta komponen kelistrikan lainnya. Berbekal baterai tersebut, motor ramah lingkungan itu bisa berjalan hingga 321 kilometer.

Sedangkan dinamo atau motor listrik sebagai sumber penggerak utama roda memiliki daya 95 kw, yang dapat menyemburkan tenaga 127 dk. Motor listrik itu dapat melaju maksimal sampai 199 km per jam, dan hanya membutuhkan waktu 3,2 detik dari kondisi diam sampai 100 kpj.

Untuk waktu pengisian baterai dari nol sampai 100 persen hanya butuh 45 menut menggunakan fast charging tipe AC. Soal harga, motor listrik asal Inggris itu dibanderol 90 ribu pound sterling atau setara Rp1,7 miliar, cocok buat sultan nih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya