Daftar Merek Motor Terlaris di Indonesia 2021

Ilustrasi pameran sepeda motor
Ilustrasi pameran sepeda motor
Sumber :
  • Dok: AISI

VIVA – Meski saat ini untuk memiiki mobil sudah semakin gampang dan mudah, namun alat transportasi favorit masyarakat Indonesia masih sepeda motor.

Hal ini bisa diihat dari angka penjualannya, di mana meski ada pandemi namun distribusinya dari pabrik ke diler masih lebih banyak dari kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

Pada tahun lalu, industri kendaraan bermotor roda dua nasional terlihat mulai menunjukkan kebangkitan dari dampak pandemi. Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia atau AISI mencatatkan peningkatan penjualan sebesar 38 persen dengan angka 5.057.516 unit di 2021 dibandingkan tahun sebelumnya.

Pertumbuhan positif ini semakin mendorong optimisme industri otomotif roda dua untuk memacu kinerja di tahun ini. AISI menargetkan pasar sepeda motor di 2022 akan lebih baik dari tahun lalu, yaitu 5,1 juta hingga 5,4 juta unit.

Pameran sepeda motor Suzuki

Pameran sepeda motor Suzuki

Photo :
  • Dok: AISI

Ketua Bidang Komersial AISI, Sigit Kumala mengatakan capaian positif tersebut mencerminkan mulai membaiknya daya beli masyarakat yang berdampak positif ke pasar motor domestik.

“Tren positif industri sepeda motor ini pasti akan menghasilkan dampak positif yang bergulir ke industri pendukungnya, baik di hulu maupun hilir," ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Jumat 14 Januari 2022.