Biaya Modifikasi Motor Presiden Jokowi Terjangkau?

Presiden Jokowi Tinjau Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid
Sumber :
  • Biro Setpres

VIVA – Presiden Jokowi menjajal jalur bypass dari Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Majid, menuju Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kamis 13 Januari 2022 kemarin.

Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen

Uniknya, dalam perjalanan dinasnya Presiden Joko Widodo kembali menggunakan motor modifikasi berbasis Kawasaki W175. Hanya yang digunakan oleh Jokowi bukan motor baru, tapi motor yang pernah digunakan dan hanya dimodifikasi ulang dengan gaya yang berbeda.

Hal tersebut terlihat dari jejak perjalanan modifikasi Kawasaki W175 milik Presiden Joko Widodo, tercatat ada 3 perubahan besar yang terjadi, di tahun 2018 dengan gaya modifikasi Chopper, lalu tahun 2021 dengan gaya ChopperRacer dan baru mengaspal dengan model Bobber.

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

Dari tiga kali modifikasi yang dilakukan, Presiden Jokowi tetap mengandalkan modifikator Andi Akbar punggawa Katros Garage, yang bengkelnya berada di Tangerang Selatan.

Presiden Jokowi Tinjau Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid

Photo :
  • Biro Setpres
Respons Istana soal Jokowi Disebut-sebut dalam Sidang Sengketa Pemilu di MK

"Proses pembuatan motor ini sebetulnya tanpa kendala, mungkin sedikit banyak saya paham selera Bapak, hanya memajukan draft rancangan dasar langsung disetujui," bilang Andi yang akrab dipanggil Atenk, dikutip VIVA Otomotif Jumat 14 Januari 2022.

Karena mengusung konsep baru bergenre Bobber, makanya pihaknya menambahkan suspensi di bawah jok, supaya nyaman saat dikendarai oleh orang nomor satu di Indonesia. Secara keseluruhan fairing dilepas karena dianggap kurang cocok jika dipakai di jalan raya. 

Sedangkan untuk warna pihak Katros sangat paham betul dengan regulasi di jalan raya, dengan tetap mengunakan warna dasar hijau, walau pun kali ini hijaunya dipadukan dengan silver.
 
"Sebetulnya kami paham kok tapi karena hijau terlalu dominan, mau gak mau ada sedikit permainan yang di buat agak "nakal", tapi tenang kok warnanya tetap hijau," beber Atenk.

Semua proses modifikasi dilakukan dibengkel Katros dengan perasaan deg-degan, maklum ketika modifikasi dengan mengubah warna maka tantangannya adalah cuaca, namun berkat jam terbang Atenk masalah tersebut dapat teratasi.

Atenk juga memberikan aksen detail pada motornya Presiden Jokowi, seperti emblem dengan aksen senjata tradisional Keris, yang terpasang pada bagian sepakor belakang.

“Jangan tanya berapa biaya modifikasinya ya? Karena Rahasia. Tapi tenang tetap terjangkau kok kalau mau dibikin duplikasi atau ada yang kepingin memodifikasi dengan aliran sejenis," pungkas Atenk.

DATA SPESIFIKASI: 
Kawasaki W175-2018
Kapasitas Jumlah Silinder : 177 cc
Jumlah Silinder : 1
Transmisi : Manual, 5 tingkat percepatan
Ban depan & belakang : 5.00-16
Pelek depan : Aluminium 3.00-16
Pelek belakang : Aluminium 3.50-16 
Lampu belakang : Aftermarket
Lampu Sein : Aftermarket LED
Tutup Tangki : Custom Duralium
Tangki : Stock Custom W175
Spatbor depan :Handmade Plat galvanis 1,2 mm
Spatbor belakang : Handmade Plat galvanis 1,2 mm
Jok : Handmade custom dengan link teknis suspense 
Kulit jok : Kulit sintetis hitam
Knalpot : Standar Kawasaki W175
Velocity stuck :  Handmade
Spion : Aftermarket
Speedometer : Aftermarket
Stang : Model Drag Bar

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya