Jangan Panik, Ini 4 Car Atasi Rem Blong Saat Kendarai Motor

Ilustrasi grip setang motor
Sumber :
  • Istimewa

VIVA –  Rem menjadi komponen penting dalam sebuah kendaraan seperti motor, maka itu harus mendapatkan perhatian khusus. Sebab, jika rem blong maka akan membahayakan si pengendara juga pengguna jalan lainnya.

Adu Banteng Pick Up Dengan Dua Motor di Citayam, Seorang Meninggal Dunia

Apabila kampas pada rem sudah menipis sebaiknya segeralah menggantinya dengan yang baru. Jangan pernah menunggu kampas rem sudah habis terlebih dahulu baru akan menggantinya.

Saat ini masih ada saja ditemukan kecelakaan lalu lintas yang disebabkan karena rem tidak menggigit dengan sempurna, atau bahkan rem blong. Seringnya, rem blong terjadi ketika kendaraan sedang melintasi jalanan menurun.

Sandiaga Uno Puji Karung Penyelamat Motor di Turunan Maut, Reaksi Netizen di Luar Dugaan

Biasanya terjadi pada motor matik, rem blong terjadi dikarenakan kampas rem aus atau rem terlalu panas. Selain itu, memuainya sistem pengereman yang disebabkan oleh penggunaan rem berlebih juga menjadi pemicunya.

Motor matic memang tak memiliki engine brake untuk menghambat laju kendaraan sehingga membuat pemakaian rem menjadi berlebihan. Nah yang jadi masalahnya, bagaimana cara mengatasi rem blong saat tengah mengendarai motor?

Bayar Pajak Kendaraan Sekarang Dapat Diskon

Rem parkir sepeda motor skutik.

Photo :
  • Honda Community

1. Jangan Panik

Langkah pertama mengatasi rem blong adalah tidak panik, mengapa demikian? Panik membuat daya pikir turun secara drastis, sehingga pengendara yang mengalami rem blong tidak dapat berpikir secara baik untuk mencari solusi cepat dan tepat saat kondisi tersebut.  

2. Tutup gas dan Pilih Jalan Menanjak

Pergi ke ke arah tanjakan atau jalanan yang menanjak merupakan solusi cerdas untuk mengurangi laju dari kendaraan saat mengalami rem blong.

3. Bunyikan Klakson

Saat terjadi rem blong sebaiknya bunyikan klakson. Hal itu agar orang lain di sekitar mengetahui dan bisa menghindari kendaraan kita yang tengah mengalami rem blong saat itu.

4. Pilih Tempat Aman

Jika kendaraan masih melaju cukup kencang dan tidak menemukan jalur menanjak, maka langkah terakhir yakni cari lah tempat yang tergolong aman seperti pasir dan rumput. Pada intinya hindari tempat yang ramai apalagi kerumunan agar tidak menelan korban lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya