Motor Injeksi Mati Saat Digas? Ini 9 Penyebabnya

Motor injeksi mogok didorong.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA –  Walau dikenal lebih mudah dalam pengoperasiannya, tapi terkadang motor injeksi juga suka mati saat digas. Lalu, apa penyebabnya hingga bisa membuat motor menjadi mati?

Tips Menjaga Rantai Motor yang Baik dengan Cairan Pembersih WD-40

Ternyata ada beberapa penyebab, mengapa hal tersebut terjadi dan kita bisa antisipasinya. Seperti dirangkum dari situs resmi Suzuki Indonesia.

1. Saringan Udara Kotor
Saringan udara ini berfungsi untuk memfilter udara dari debu dan kotoran yang bisa masuk ke dalam mesin. Komponen ini memungkinkan udara yang masuk ke ruang pembakaran lebih bersih karena sudah disaring.

Jangan Pakai Aksesori Berlebihan Agar Spull Motor Awet

Jika terlalu kotor seringkali hmembuat masalah pada idle mesin yang mati mendadak. Oleh karena itu, pembersihan pada filter ini penting dilakukan. Setidaknya dalam interval 5.000 KM tempuh.

2. Sirkulasi Tangki BBM Tersumbat

Pengguna Motor Wajib Tahu Menghadapi Bahaya di Jalan Raya

Jika diperhatikan lebih teliti, sebenarnya pada tutup tangki bisa ditemukan lubang kecil. Lubang tersebut berfungsi menjaga tekanan udara di dalam tangki tetap lancar.

Apabila lubang tersebut tertutup, otomatis bensin tidak bisa tersalur ke ruang bahan bakar. Tak heran jika akhirnya motor berhenti tiba-tiba ketika Anda berada di jalan.

Penyebab umumnya adalah karena lubang kecil tertutup oleh kotoran atau debu.Biasanya endapan pasir juga sangat mungkin menutupnya sehingga membuat motor bermasalah ketika hendak dinyalakan.
.
3. Busi Tak Berfungsi dengan Baik

Ilustrasi busi kendaraan bermotor

Photo :
  • dok. NGK busi

Jika busi rusak atau melemah, motor jadi terasa berat ketika di gas bahkan mati mendadak. Jika hal ini terjadi, komponen tersebut harus dilepas untuk diperiksa lebih lanjut.

Namun, melepas busi tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Anda harus memastikan kondisi mesin motor sudah tidak terlalu panas. Jika tidak memperhatikan suhu mesin, maka bukan tidak mungkin akan memperparah kerusakan komponen.

Busi yang dilepaskan ketika mesin masih panas berpotensi membuat bagian lubangnya cepat aus. Jika mesin sudah sejuk, gunakan kunci busi untuk mencopotnya. Apabila kondisi busi sudah menghitam pekat, maka sudah seharusnya diganti.

Apabila hanya sekedar kotor terkena debu, busi tidak perlu diganti dan cukup di lap saja. Setelah itu, pasangkan kembali dengan teknik yang benar.

4. BBM yang Digunakan Berkualitas Rendah

Penyebab motor injeksi mati saat di gas berikutnya adalah karena bensin yang digunakan berkualitas rendah. Anda mungkin menggunakan bahan bakar dengan oktan rendah, padahal kurang sesuai dengan kondisi mesin.

Kemungkinan lainnya adalah, Anda membeli bensin di pinggir jalan yang sudah terkontaminasi air atau kotoran. Mungkin efek yang ditimbulkan umumnya tidak sampai membuat motor injeksi mati. Namun bukan tidak mungkin jika bensin kotor tersebut membuat motor mati.

5. Mesin Overheat

Mesin overheat atau terlalu panas ternyata juga bisa membuat motor mati mendadak. Overheat biasanya terjadi karena sirkulasi oli di dalam mesin tidak mengalir dengan baik. Hal ini membuat bagian pistonnya kering sehingga mesin menjadi lebih panas.

Jika panasnya sudah berlebihan, maka Anda akan mendapati motor tiba-tiba berhenti. Oleh karena itu, sebaiknya diamkan motor terlebih dahulu sampai mesinnya sejuk. Jangan lupa mengecek kondisi oli karena berpotensi sudah berkurang.

6. Injektor Kotor atau Rusak

Apabila motor injeksi yang Anda gunakan sudah mencapai usia  5 tahun atau jarak tempuhnya sudah 50.000 KM, maka perhatikanlah kualitas injektornya. Perawatan injektor disarankan dilakukan setiap 10.000 KM jarak tempuh.

Jika mesin injektor rusak atau kotor, tarikan motor akan terasa sulit. Jika intensitasnya sudah parah, maka motor injeksi akan sering mati. Tentunya, hal ini akan sangat merepotkan jika Anda sedang dalam perjalanan.

7. Sensor Injeksi Bermasalah

Kerusakan pada sensor injeksi biasanya ditandai engine yang berkedip tidak normal. Mungkin kerusakan seperti ini tidak langsung membuat mesin mati, namun jika dibiarkan tentu bisa membuat motor berhenti mendadak.

Sensor yang bermasalah bukan berarti keadaannya benar-benar retak parah. Terkadang masalah terletak pada soketnya yang kurang klop atau kabel sensor yang ternyata sudah terkelupas.

8. Katup Mesin Tertahan

Komponen ini juga digunakan sebagai tempat memproses pembakaran seperti bensin dan udara. Sedangkan komponen katup buang akan mengeluarkan gas hasil sisa dari pembakaran.

Apabila katup ini tertahan, maka hasil pembakaran akan keluar melalui celah yang tidak rapat. Sebenarnya, bagian katup ini bisa tertutup karena material karbon yang merupakan sisa pembakaran.

Mengingat pembakaran mesin dalam waktu singkat akan menghasilkan gas karbon monoksida yang mengendap. Tidak hanya itu, pemicu lainnya adalah karbon padat. Jika katup tertahan oleh material padat seperti itu, maka komponen ini jadi tidak bisa tertutup rapat.

9. Aki Rusak

Motor jenis injeksi memiliki aki yang bisa menjaga konsistensi arus listrik motor. Jika komponen ini rusak, maka tegangan akan turun signifikan sehingga motor bisa mati mendadak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya